Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode  Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Bimbingan klasikal yang dilaksanakan bertujuan agar peserta didik  mampu menyampaikan informasi atau pesan dan dapat dimengerti oleh lawan bicara. Menggunakan games "kuda berbisik" memudahkan peserta didik untuk lebih memahami proses penyampaian informasi yang berhasil atau sesuai dan juga hambatan ketika penyampaian informasi.Bimbingan klasikal dilaksanakan pada tanggal 13 Januari 2023 pada kelas XI IIPA 1.
 Kondisi yang menjadi latar belakang masalah layanan bimbingan klasikal adalah terdapat sebagian besar peserta didik yang belum mampu berkomunikasi secara efektif, hal tersebut ditunjukan dari hasil AKPD (Angket Kebutuhan Peserta   Didik) yang paling banyak permasalah pada bidang Pribadi yang dipilih oleh peserta didik. Layanan klasikal yang diberikan oleh guru BK bertujuan agar siswa mampu berkomunikasi secara efektif dan terampil  yang dilakukan dengan menggunakan video dan games.
 Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut adalah:
Dalam layanan Bimbingan Klasikal, guru BK perlu mengembangkan metode yang sesuai agar bimbingan klasikal menjadi lebih interaktif dan menarik sehingga peserta didik dapat memahami dan mengaplikasikan informasi tersebut.  Adapun pihak yang terlibat agar tujuan tercapai adalah: Guru BK, Peserta didik, Wali kelas, Guru Mata Pelajaran, dan Kepala  sekolah sebagai penanggung jawab.
Dalam layanan Bimbingan Klasikal langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan adalah, Guru BK berusaha mencari dari berbagai sumber untuk menemukan metode layanan yang menarik/ strategi yang digunakan adalah dengan metode Games yang menarik yaitu "Kuda Berbisik". Adapun proses pelaksanaanya adalah, Guru BK melakukan    pembukaan    dengan    apersepsi    dan menyampaikan tujuan. Tahap inti guru BK memberikan penjelasan, dan menerapkan metode penanyangan video dan mempraktekkan games tersebut dan ice breaking. Tahap akhir kegiatan Guru BK melakukan evaluasi proses, hasil dan siswa merefleksi hasil kegiatan.
Refleksi hasil dan Dampak layanan Klasikal
Dampak dari langkah-langkah yang dilakukan adalah siswa dapat melakukan komunikasi efektif. Hasilnya cukup efektif, karena siswa dapat melakukan komunikasi secara efektif dengan baik dengan metode yang menarik yaitu games.
Respon orang lain terkait strategi yang dilakukan sangat positif dan rekan sangat mendukung layanan klasikal di sekolah.
Faktor keberhasilan layanan sangat ditentukan oleh metode yang menarik, media yang mendukung dan juga adanya ice breaking di sela-sela layanan agar peserta didik tidak merasa jenuh saat mengikuti layanan.
Pembelajaran dari seluruh proses adalah guru harus terus mengembangkan potensi yang dimiliki agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan bermanfaat bagi peserta didik
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H