Mohon tunggu...
Hanizar FlorianSukma
Hanizar FlorianSukma Mohon Tunggu... Animator - Mahasiswa

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Modul Ajar Informatika | Algoritma dan Pemrograman | Kelas VII Kurikulum Merdeka

18 Desember 2023   19:55 Diperbarui: 18 Desember 2023   20:38 2047
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Identitas Modul

  • Nama Penyusun              : Hanizar Florian Sukma
  • Sekolah                            : SMP Muhammadiyah Al-Kautas Program Khusus
  • Tahun Pelajaran              : 2023/2024
  • Mata Pelajaran                : Informatika
  • Kelas/Semester/Fase      : VII/Genap/D
  • Topik/Elemen                   : Algoritma dan Pemrograman
  • Alokasi Waktu                  : 2 x 45 Menit (2 Jam Pelajaran)
  • Jumlah Pertemuan (JP)  : 2 JP
  • Moda Pembelajaran        : Tatap Muka (TM)
  • Jumlah Peserta Didik       : 30 orang/kelas

Kompetensi Awal

  • Sebelum mempelajari topik ini, peserta didik diharapkan dapat mengoperasikan komputer/laptop dengan baik.

Profil Pelajar Pancasila

  • Setelah mengakhiri modul ini, peserta didik mampu menjadi:
  • Mandiri
  • Pesera didik dapat mengembangkan kemampuan untuk mandiri, baik dalam pengambilan keputusan maupun pelaksanaan tugas-tugas mereka. Dengan meningkatnya kemandirian, peserta didik dapat mengelola waktu, tanggung jawab, dan kegiatan belajar dengan lebih efektif.
  • Bernalar Kritis
  • Peserta didik diarahkan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Mereka diajak untuk mengevaluasi informasi, menyusun argumen, dan membuat keputusan yang rasional. Bernalar kritis menjadi keterampilan penting untuk menghadapi tantangan di kehidupan sehari-hari.
  • Kreatif
  • Peserta didik dapat mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas. Mereka diajak untuk berpikir di luar batas konvensional, menemukan solusi inovatif, dan mengaplikasikan ide-ide kreatif dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari.
  • Gotong Royong
  • Peserta didik diajak untuk memahami, menghargai, dan menerapkan konsep gotong royong dalam interaksi sosial. Mereka diharapkan dapat berkontribusi dalam kegiatan bersama untuk mencapai tujuan bersama.

Sarana dan Prasarana

  • PC / Laptop
  • Power Point
  • Proyektor dan Papan Tulis
  • Jaringan Internet
  • Ruang Kelas / Laboratorium Komputer
  • Materi dan Sumber Belajar (e-modul)

Target Peserta Didik

  • Reguler / Umum. Tidak ada kesulitan peserta didik reguler / umum dalam mencerna dan memahami materi ajar, aktif berdiskusi dalam kegiatan pembelajaran dan berpikir kritis dalam mencari jawaban dan tidak pantang menyerah dalam belajar.

Model Pembelajaran

  • Problem Based Learning / pembelajaran berbasis masalah merupakan pembelajaran yang menggunakan berbagai kemampuan berpikir dari peserta didik secara individu maupun kelompok. serta lingkungan nyata untuk mengatasi permasalahan sehingga bermakna, relevan, dan kontekstual.
  • Langkah kerja (sintak) model Problem Based Learning (PBL):
    • Sintak Problem Based Learning
    • Langkah Kerja
    • Aktivitas Pendidik
    • Aktivitas Peserta Didik
    • Orientasi peserta didik pada masalah.
    • Pendidik menyampaikan masalah yang akan dipecahkan secara kelompok.

    • Masalah yang diangkat hendaknya kontekstual. Maslah bisa ditemukan sendiri oleh peserta didik melalui bahan bacaan atau lembar kegiatan.
    • Kelompok mengamati dan memahami masalah yang disampaikan guru atau yang diperoleh dari bahan bacaan yang disarankan.
    • Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar.
    • Pendidik memastikan setiap anggota memahami tugas masing-masing.
    • Peserta didik berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/ bahan-bahan/ alat yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah.
    • Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok.
    • Pendidik memantau keterlibatan peserta didik dalam pemgumpulan data / bahan selama proses penyelidikan.
    • Peserta didik melakukan penyelidikan (mencari data/ referensi/ sumber) untuk bahan diskusi kelompok.
    • Mengembangkan dan menyajikan hasil karya.
    • Pendidik memantau diskusi dan membimbing pembuatan laporan sehingga karya setiap kelompok siap dipresentasikan.
    • Kelompok melakukan diskusi untuk menghasil-kan solusi pemecahan masalah dan hasilnya dipresentasikan/disajikan dalam bentuk karya.
    • Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
    • Pendidik membimbing presentasi dan mendorong kelompok memberikan penghargaan serta masukan kepada kelompok lain. Pendidik bersama peserta didik menyimpulkan materi.
    • Setiap kelompok melakukan presentasi, kelompok yang lain memberikan apresiasi. Kegiatan dilanjutkan dengan merangkum/ membuat kesimpulan sesuai dengan masukan yang diperoleh dari kelompok lain.

  • Deskripsi Singkat Materi

    • Materi ini membahas dasar-dasar algoritma dan pemrograman menggunakan Scratch, platform pemrograman visual yang ramah pemula. Siswa akan memahami konsep dasar pemrograman seperti urutan langkah-langkah, percabangan, dan pengulangan. Dengan memanfaatkan blok-blok pemrograman, mereka akan belajar merancang algoritma sederhana untuk menyelesaikan masalah dan membuat proyek kreatif. Materi ini tidak hanya memberikan dasar teoritis, tetapi juga melibatkan siswa dalam implementasi praktis, mengajak mereka membuat permainan atau animasi menggunakan Scratch untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep algoritma dalam pemrograman komputer.

  • Petunjuk Penggunaan Modul

    • Supaya anda berhasil mencapai kompetensi, maka ikuti petunjuk dan langkah-langkah berikut selama mempelajari modul ini:
    • Baca dan pahami kompetensi yang akan dipelajari dalam modul ini, cermati pula tujuan pembelajaran dari masing-masing kegiatan belajar.
    • Baca dan pahami materi yang ada dalam modul ini dengan baik, jika menemukan kesulitan, kalian dapat mendiskusikannya dengan, apabila belum terpecahkan, sebaiknya tanyakan kepada guru.
    • Jika modul ini dirasa belum cukup memberikan informasi, carilah referensi yang menunjang kalian dalam menyelesaikan kegiatan belajar dan tugas.
    • Modul ini dilengkapi dengan glosarium, jadi apabila dalam mempelajari modul menemukan beberapa kata sulit, kalian dapat mencari makna kata tersebut dalam glosarium.
    • Rangkuman materi akan mempermudah kalian untuk menemukan poin penting materi dan menyimpulkan materi dalam setiap kegiatan belajar.
    • Kerjakan secara mandiri soal latihan dalam setiap kegiatan belajar dan soal tes penilaian akhir guna evaluasi keberhasilan belajar kalian.
    • Periksalah hasil kegiatan belajar, tugas, dan latihan soal kalian dengan kunci jawaban dalam modul ini. Apabila hasil pekerjaan kalian belum benar, maka pelajari kembali materi yang berkaitan dengan hal tersebut dan perbaiki kesalahan kalian. Khusus untuk jawaban soal latihan dan tes penilaian akhir, perhatikan umpan balik di setiap akhir kegiatan dalam modul ini. Apabila hasil soal evaluasi mencapai 80% benar maka kalian dapat melanjutkan kegiatan belajar selanjutnya.
    • Untuk keberhasilan belajar kalian, dalam mempelajari modul ini, urutan kegiatan harus diikuti dengan benar.

  • Materi Pembelajaran

    • Materi ini terbagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan, dan soal evaluasi.
      • Materi Pembelajaran
      • Pertama
      • Pengantar Algorimta Pemrograman Scratch.
      • Kedua
      • Implementasi Algoritma Pemrograman Scratch.


    •  
       

       

      KEGIATAN PEMBELAJARAN 1

      HALAMAN :
      Mohon tunggu...

      Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
      Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
      Beri Komentar
      Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

      Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun