Mohon tunggu...
Haniza
Haniza Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hai, saya Haniza seorang mahasiswa dari Kota Ponorogo yang hobi olahraga dan travelling ke alam.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Motivasi dan Dukungan Sosial dalam Pembelajaran

20 Juni 2024   05:57 Diperbarui: 20 Juni 2024   06:04 52
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan adalah proses kompleks yang melibatkan interaksi antara siswa, guru, dan lingkungan belajar mereka. Namun, di balik kurikulum dan teknik pengajaran, psikologi pendidikan memainkan peran penting dalam memahami bagaimana siswa belajar dan berkembang.

Peran motivasi dalam pembelajaran

Motivasi adalah salah satu faktor kunci dalam keberhasilan belajar siswa. Secara psikologis, motivasi dapat dibagi menjadi dua jenis utama:

  • Motivasi Intrinsik : Motivasi yang berasal dari dalam diri siswa, seperti rasa ingin tahu, keinginan untuk mencapai pemahaman yang mendalam, atau kepuasan pribadi dari pencapaian akademis.
  • Motivasi Ekstrinsik : Motivasi yang berasal dari faktor eksternal, seperti hadiah atau pujian dari orang lain, atau tekanan untuk memenuhi harapan.

Studi psikologi pendidikan menunjukkan bahwa motivasi intrinsik cenderung lebih berkelanjutan dan berhubungan positif dengan hasil belajar yang baik, karena siswa merasa terlibat secara pribadi dengan materi pembelajaran.

Peran Dukungan Sosial dalam Kesejahteraan Siswa

Dukungan sosial dari guru, teman sebaya, dan keluarga juga memainkan peran penting dalam pengalaman belajar siswa. Dukungan ini dapat bermanfaat dalam beberapa cara:

  • Mengurangi Stres : Siswa yang merasa didukung secara sosial cenderung mengalami tingkat stres yang lebih rendah, yang dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus mereka dalam belajar.
  • Meningkatkan Kemandirian : Dukungan sosial yang baik dapat membantu siswa merasa lebih percaya diri dan mampu mengatasi tantangan akademik.
  • Meningkatkan Motivasi : Respons positif dan dorongan dari guru dan teman sebaya dapat meningkatkan motivasi siswa untuk mencapai tujuan akademik mereka.

Implikasi Praktis untuk Pendidikan

Dalam konteks kelas, guru dapat menerapkan strategi berikut berdasarkan pengetahuan psikologi pendidikan:

  • Menggunakan Reward Systems : Menggunakan penguatan positif untuk memperkuat perilaku belajar yang diinginkan, tetapi juga mendorong motivasi intrinsik dengan mempertimbangkan kebutuhan siswa untuk otonomi dan kompetensi.
  • Membangun Komunitas Belajar yang Mendukung : Mendorong kerja sama dan dukungan antar siswa dalam pembelajaran kelompok atau proyek kelas.
  • Memberikan Dukungan Emosional : Menjadi pendengar yang baik dan memberikan dukungan emosional kepada siswa yang membutuhkannya, untuk membantu mereka mengatasi tantangan pribadi atau akademik.

Sumber :

- Santrock, J. W. (2021). *Educational Psychology* (7th ed.). McGraw-Hill Education.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun