KKN 119 IAIN Kudus sukses menggelar sosialisasi branding produk UMKM di Gedung PKK, Balai Desa Mayahan, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan pada Sabtu, 5 Oktober 2024. Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB ini mengangkat tema "Branding Produk UMKM dalam Rangka Meningkatkan Perekonomian Desa Mayahan di Era Digital".
Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan ibu-ibu PKK dan warga Desa Mayahan yang memiliki usaha. Sebelumnya, tim KKN telah melakukan survei dan menemukan bahwa pelaku UMKM di desa ini membutuhkan pemahaman yang lebih baik tentang branding dan pengelolaan keuangan.
Dua mahasiswa KKN menjadi narasumber utama dalam sosialisasi ini. Firstania Nayla Az-Zahra memaparkan pentingnya branding yang kuat untuk memperluas pasar produk UMKM di era digital. Sementara itu, An Nisa Rahmawati menekankan pentingnya pembukuan sederhana untuk mengelola keuangan usaha secara efektif.
Sesi tanya jawab yang berlangsung interaktif menunjukkan antusiasme peserta dalam menggali lebih dalam mengenai strategi branding dan pengelolaan usaha. Sebagai tindak lanjut, pada tanggal 8 Oktober 2024, tim KKN memberikan pendampingan khusus kepada Bu Rani, seorang pelaku UMKM di desa tersebut. Dalam pendampingan ini, mahasiswa KKN membantu Bu Rani dalam membangun identitas merek produknya, mulai dari penamaan, pembuatan logo, hingga pembuatan tagline yang menarik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H