Disaat ini kita ketahui dunia yang semakin modern dan ditunjang dengan berbagai teknologi yang sangat canggih, yang lebih memudahkan kita untuk berselancar di dunia internet. Hal ini tentu saja harus kita manfaatkan sebagai salah satu peluang kita untuk dapat berproduktif walaupun dari rumah saja. Terlebih sekarang sudah banyak sekali para pengguna sosial media (sosmed) yang tentu saja menjadi dorongan kita untuk memulai bisnis kecil yang dipasarkan melalui jaringan-jaringan media sosial.
Para generasi milenial sekarang lebih memanfaatkan media sosial sebagai salah satu media untuk meraup keuntungan. Salah satunya yaitu dengan mengikuti bisnis e-commerce. Banyak sekali para seller yang memanfaatkan e-commerce sebagai salah satu strategi mereka dalam melakukan promosi suatu penjualan produk atau jasa mereka.
e-commerce sendiri merupakan salah satu model bisnis yang modern yang menggunakan sistem elektronoik sebagai media pemasaran, penjualan dan pembelian suatu produk. Saat ini banyak sekali e-commerce di Indonesia seperti tokopedia, shopee, lazada, bukalapak, dan lain sebagainya. Mereka menilai pemasaran melalui e-commerce dapat menghasilkan keuntungan yang lebih banyak dan prospek kedepannya cukup menjanjikan karena pengguna media sosial yang terus meningkat.
Mekanisme e-commerce ini cukup mudah yaitu dengan melakukan penawaran suatu produk pada website atau server tertentu. Apabila konsumen tertarik dengan produk tersebut akan melakukan proses order yang otomatis terhubung dengan inventory suatu marketplace/online store. Kemudian, melakukan proses transaksi terhadap seller yang selanjutnya akan dilakukan order proses oleh seller hingga pengiriman barang kepada konsumen melalui jasa pengiriman barang.Â
Keuntungan bisnis melalui e-commerce ini antara lain :
Jangkauan penjualan yang luas atau tanpa batasan geografis
Biaya lebih terjangkau
Lebih cepat mendapatkan konsumen baru
Lebih efesien karena penjual dan pembeli tidak harus bertemu secara langsung
Menghemat waktu
Memudahkan komunikasi bisnis
Produk dan layanan lebih bervariasi
Dari keuntungan-keuntungan tersebut ada beberapa hal yang menjadikan konsumen kurang mempercayai suatu e-commerce, seperti maraknya kasus penipuan terhadap konsumen, produk yang dikirimkan berbeda dengan gambar dan beberapa data pribadi konsumen yang bocor. Dengan adanya hal tersebut, maka dari itu perlu dilakukannya perlindungan konsumen sehingga konsumen mendapatkan kenyamanan dan lebih percaya terhadap e-commerce tersebut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!