Mohon tunggu...
Hanifian Ahmad Musyaffa
Hanifian Ahmad Musyaffa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Saya adalah seseorang yang ramah dan mudah bergaul dengan orang lain. Saya memiliki kecenderungan untuk menjadi pemikir kritis dan selalu mencari solusi yang inovatif dalam menghadapi masalah. Saya sangat tertarik pada seni dan sering mengekspresikan kreativitas melalui tulisan. Nilai-nilai seperti kejujuran, rasa adil, dan kesetiaan sangat penting bagi saya dalam hubungan dengan orang lain. Saya merasa nyaman dalam lingkungan yang mendukung kolaborasi, tetapi juga dapat mandiri dalam menyelesaikan tugas. Saya percaya bahwa ketekunan dan ketangguhan adalah kunci dalam menghadapi tantangan, dan saya selalu mencoba mengembangkan diri saya melalui pengalaman dan pembelajaran baru.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Pentingnya Digital Marketing bagi UMKM

20 Mei 2023   09:27 Diperbarui: 20 Mei 2023   09:29 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Teknologi internet merupakan instrumen yang dapat mempromosikan bisnis secara efektif dan efisien, dan membantu keberlanjutan bisnis karena memungkinkan bisnis untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dan ini dilakukan dengan cepat. Selama pandemi Covid-19, penerapan pemasaran berbasis digital menjadi solusi terbaik dalam mengatasi masalah tersebut karena larangan bertemu langsung dengan konsumen. Pemasaran digital yang responsif telah memungkinkan UMKM untuk beradaptasi secara fleksibel dengan permintaan pelanggan, termasuk memungkinkan UMKM untuk mempromosikan produk mereka secara online.

Kebutuhan masyarakat terhadap informasi yang semakin kompleks, media sosial dapat dimanfaatkan sebagai media pemasaran untuk mendukung aktivitas bisnis serta mempermudah dan memperkuat fungsi komunikasi kepada publik. Manfaat pemasaran digital bagi perusahaan dan UMKM, antara lain yaitu dapat terhubung dengan mudah dengan konsumen secara online, konversi penjualan yang lebih tinggi bagi konsumen tertarget, biaya pemasaran yang lebih hemat, dapat melayani konsumen secara real time dan potensi peningkatan daya jual bagi UMKM (Brian, 2019)

Pentingnya digital marketing untuk mendukung kegiatan bisnis karena dapat menekan biaya pemasaran dan meminimalisir risiko. Selain itu, digital marketing dapat menjangkau calon pelanggan lebih luas sehingga perkembangan bisnis lebih cepat. Kedua, terdapat beberapa instrumen dasar yang dapat digunakan untuk melakukan digital marketing, seperti Google Bisnisku, Facebook Ads, Website dan Google Ads.

Perubahan perilaku pemasaran dari konvensional ke digital tidak diimbangi oleh keberadaan pelaku UMKM yang menggunakan digital marketing, padahal UMKM dipercaya mampu memacu perekonomian Indonesia. Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi UMKM untuk berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. UMKM dapat menggunakan media sosial sebagai sarana digital marketing. Selain biaya yang murah, dan tidak perlunya memiliki keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, media sosial dianggap mampu untuk secara langsung meraih konsumen.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun