A. Latar Belakang
Memajukan atau meningkatkan kualitas pengajaran adalah salah satu kebutuhan paling penting dalam peningkatan aset sumber daya manusia. Guru sebagai ujung tombak pengajaran mempunyai peranan yang sangat esensial dalam persiapan pembelajaran. Kualitas kinerja pengajar menentukan kemenangan siswa dalam mencapai kompetensi yang diharapkan. Oleh karena itu, upaya peningkatan kualitas guru merupakan suatu keharusan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara ideal.
Kepala sekolah, sebagai pelopor pengajaran guru, memainkan peranan penting dalam upaya ini. Sebagai pemimpin di suatu sekolah, tujuan utamanya bukan hanya pada aspek regulasi, namun juga pada penciptaan kompetensi profesional guru melalui berbagai program peningkatan mutu. Dalam pelaksanaannya, kepala sekolah hendaknya mendapat peran sebagai pembantu, fasilitator, dan atasan untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi kemajuan pendidik.
Namun, berbagai tantangan sering kali muncul, seperti keterbatasan sumber daya, inspirasi pendidik suasana hati, dan perlunya persiapan yang matang. Oleh karena itu, kepala sekolah dituntut memiliki kapasitas visioner dan imajinatif untuk mengatasi hambatan tersebut. Melalui perannya, kepala sekolah dapat mendorong pelaksanaan persiapan, supervisi skolastik, dan peningkatan budaya sekolah yang mendasari perubahan tanpa henti dalam kualitas pendidik.
Dalam konteks ini, landasan pentingnya peran sekolah terletak pada pentingnya kolaborasi antara visi pengajaran nasional dan pelaksanaannya di tingkat sekolah. Dengan peran yang baik, pihak terdepan dapat menjadi ahli perubahan yang kritis dalam memajukan kualitas pengajar, yang pada akhirnya dapat berdampak pada tercapainya peningkatan kualitas pengajaran secara umum.
B. Rumusa Masalah
- Bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas kinerja guru melalui strategi kepemimpinan?
- Strategi apa yang dapat diimplementasikan oleh kepala sekolah untuk mengoptimalkan peningkatan kualitas kinerja guru secara berkelanjutan?
Tujuan
- Bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru melalui strategi kepemimpinan?
- Strategi apa yang dapat diimplementasikan oleh kepala sekolah untuk mengoptimalkan peningkatan kualitas guru secara berkelanjutan?
BAB II
METODE DAN PEMBAHASAN
Â
Metode