Pembelajaran dikelas haruslah menyenangkan, nyaman, memberi kebebasan untuk siswa dalam mengeluarkan argument. Dalam mencapai pembelajaran yang diinginkan harus mnggunakan metode yang mnyenangkan pula dalam pembelajaran.
Metode pembelajaran merupakan cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah dibuat agar rencana yang telah disusun tersebut bisa tercapai. Metode pembelajaran harus dikuasai oleh seorang pendidik. Ketika guru sudah mampu mengondisikan kelas maka guru tersebut sudah memahami metode pembelajaran saat dikelas.
Metode pembelajaran memiliki macam-macam yaitu metode bercerita, metode brmain, metode Tanya jawab, metode diskusi dan masih banyak lagi metode yang dapat digunakan dikelas. Metode pembelajaran menurut beberapa teori yaitu :
Teori Behavioristik
Teori behavioristik yaitu perubahan tingkah laku yang didapatkan melalu hasil dari pengalaman atau hasil dari suatu pembelajaran. Metode yang digunakan dalam teori behaviorstik yaitu metode pembiasaan dimana seseorang itu harus diberikan stimulus untuk mengubah tingkah laku mereka oleh karena itu dengan pemberian stimulus tersebut membutuhkan pembiasaan agar hasil yang hendak dicapai semaksimal mungkin.
Teori Belajar Kognitif
Teori belajar kognitif ini dimana seseorang itu harus memahami betul suatu obyek karena teori ini menyatakan bahwa tingkah laku seseorang itu hasil dari pemahaman atau persepsi dirinya sendiri. Pembelajaran menggunakan teori ini juga ada kelemahannya yaitu karena kebanyakan seseorang yang menggunakan intelektualnya tetapi mereka miskin nilai moralnya. Metode yang digunakan dalam teori ini adalah metode praktek dimana praktek ini mengedepankan intelektualnya jadi, harus diberikan kebebasan yang luas dalam mengembangkan kualitas kognitifnya.
Teori kontruktivisme
Teori kontruktivisme yaitu dimana siswa harus menemukan sendiri infomasi yang masuk kemudian memfilter apakah informasi ini benar-benar real atau hoax. Siswa juga marus peka dalam merevisi suatu aturan yang tidak sesuai lagi. Metode yang digunakan dalam teori kontruktivisme yaitu pengalaman dari siswa, ketika siswa akan mudah mempelajari pelajaran apabila mereka memiliki pengalaman yang sesuai dengan apa yang dipelajarinya. Jadi, guru didini hanya sebagai fasilitator dan juga mengarahkan siswa dalam mengatasi masalah yang akan dilalui oleh sisw dalam suatu pembelajaran.
Teori belajar humanistik
Teori humanistik yaitu memanusiakan manusia, teori ini berusaha memahami perilaku belajar melalui sudut pandang belajar bukan dari pengamatnya. Metode yang digunakan learning exsperimensial diamana siswa harus terjun langsung ke dalam ranah sosial untuk melakukan pengamatan tentang pelaku sosial.