Lesson Study merupakan suatu pendekatan peningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru secara kolaboratif, dengan langkah-langkah pokok merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran, mengamati pelaksanaan pembelajaran tersebut, serta melakukan refleksi untuk mendisukusikan pembelajaran yang dikaji tersebut dan menyempurkannya dan merencanakan pembelajaran berikutnya. Fokus utama pelaksanaan Lesson Study adalah aktivitas siswa di kelas, dengan asumsi bahwa aktivitas siswa tersebut terkait dengan aktivitas guru selama mengajar di kelas.
Penerapan Lesson Study diintegrasikan dengan penerapan supervisi klinis. Praktik Lesson Study tidak berhenti sampai pada tahap refleksi saja, melainkan dilanjutkan dengan tahap tindak lanjut.  Dalam hal ini, tugas utama  adalah sebagai supervisor yang memberikan saran/masukan kepada mahasiswa yang melakukan praktik mengajar, sementara praktik Lesson Study sepenuhnya dilakukan oleh mahasiswa dan teman sejawatnya. Namun, sangat diharapkan saya dapat berperan aktif pula dalam praktik Lesson Study dengan menempatkan diri sebagai observer dan reflektor. Setelah seluruh rangkaian Lesson Study selesai dilakukan, barulah saya memposisikan diri sebagai supervisor.
Manfaat dari lesson study yaitu:
Menciptakan suasana keakraban dan kekeluargaan antar sesama guru.
Memberi peluang bagi guru untuk memecahkan berbagai masalah dan menciptakan solusinya secara bersama-sama serta saling bertukar pengalaman.
Memberikan kesempatan bagi guru untuk dapat membuat perencanaan pembelajaran secara bersama-sama dan mempraktekan hasil kerjanya.
Membuat guru menjadi lebih profesional dalam mengajar sehingga menciptakan suasana belajar yang kondusif bagi peserta didik sebagai tujuan menelurkan para peserta didik yang terbaik demi masa depan Indonesia.
Rusman (2010: 391) mengatakan bahwa "Keutamaan dari lesson study adalah dapat meningkatkan keterampilan atau kecakapan dalam melakukan kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru melalui kegiatan lesson study, yakni belajar dari suatu pembelajaran.Lesson study juga mempunyai keunggulan menciptakan kerja sama antar guru dalam mengembangkan pembelajaran, memberi peluang guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran secara bersama-sama, dan menjadikan guru semakin dekat dalam berkomunikasi.
Lesson Study dapat meningkatkan kualitas pembelajaran
Melalui lesson study guru dapat mengadakan evaluasi dan refleksi pada setiap proses yang telah dilaksanakan. Hasil evaluasi dan refleksi tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja agar kualitas pembelajaran semakin meningkat. peningkatan mutu pendidikan melalui lesson study dimulai dari tahap perencanaan (Plan) yang bertujuan untuk merancang pembelajaran yang dapat mendorong siswa belajar dalam suasana menyenangkan, sehingga tujuan yang diinginkan dapat dicapai secara efektif melalui aktivitas belajar secara aktif dan kreatif. Perencanaan yang baik tidak dilakukan sendirian tetapi dilakukan bersama. Beberapa orang guru dapat berkolaborasi dalam kegiatan ini, sehingga ide-ide yang berkembang lebih kaya.
Dengan adanya learning community kita dapat mengenal penggiat Lesson Study dari berbagai latar belakang dan disiplin ilmu yang bervariasi. Selain itu, adanya learning community dapat menambah wawasan dan memperdalam pengetahuan kita tentang Lesson Study. Kita dapat mengikuti open class di sekolah atau instansi pendidikan yang lain, sehingga pengetahuan dan pengalaman kita akan bertambah. Melalui Lesson Study ini mari kita bisa menerapkannya di lingkungan pendidikan kita dan kita jadikan budaya akademik di sekolah-sekolah.
Langkah-langkah Pelaksanaan lesson study:
Tahap perencanaan
Tahap pelaksanaan
Tahap refleksi
Tahap tindak lanjut
Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah melalui implementasi lesson study. Lesson study merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dan berkesinambungan, dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi, dan melaporkan hasil pembelajaran.
Pada proses lesson studi guru bekerja sama untuk (1) merumuskan tujuan pembelajaran dan pengembangan jangka panjang siswa; (2) secara kolaboratif merencanakan sebuah "pelajaran penelitian" yang dirancang untuk mencapai tujuan tersebut; (3) melakukan penelitian dengan satu Tim Anggota pengajar dan mengumpulkan bukti pada pembelajaran dan pengembangan siswa; (4) mendiskusikan bukti yang dikumpulkan selama pelajaran.