Mohon tunggu...
Hanifah Hasnur
Hanifah Hasnur Mohon Tunggu... Dosen - As a lecturer and researcher I literally love reading, writing, analyzing and lecturing.

Asisten Peneliti di Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan (PKEKK) Universitas Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Diri dan Keterlibatan Mahasiswa

23 September 2024   10:27 Diperbarui: 23 September 2024   10:42 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di awal setiap semester, saya berdiskusi terbuka dengan mahasiswa saya, mendorong mereka untuk share tentang rencana dan tujuan mereka setidaknya satu sampai dua tahun kedepan. Menyelaraskan materi yang diajarkan dengan kebutuhan mahasiswa menjadi penting. Juga di sisi lain, saya merasa perlu "memotivasi diri" selalu bahwa saya bisa memberikan pengalaman yang lebih yang munkin tidak bisa didapat dari dosen lainnya. 


Motivasi dalam Mengajar

Pertama-tama, saya telah menyiapkan jawaban saya terkait pertanyaan "mengapa saya menjadi dosen" dan mengapa saya yang mengajarkan topik-topik ter tentu ke mahasiswa. Biasanya, saya telah memikirkan matang-matang; jawaban saya terkait pertanyaan ini adalah saya yakin saya damat memberikan pengalaman unik kepada siswa saya, pengalaman yang mungkin tidak bisa mereka peroleh dari dosen lain, itu sebabnya mengapa harus saya yang mengajar topik tersebut. 

karena saya yakin, setiap dosen memiliki pengalaman berbeda dalam menerapkan pengetahuan yang sama, dan saya berusaha menjadikan pengalaman-pengalaman saya sebagai bagian dari pengajaran saya. Jawaban-jawan ini akan membuat saya tetap termotivasi untuk mengajar.

Keterlibatan mahasiswa

Strategi untuk Keterlibatan yang Lebih Mendalam Saya juga mencoba membuat mahasiswa saya cukup peduli dengan apa yang saya ajarkan dengan memastikan bahwa mereka tertarik dengan topik tersebut (bahkan jika mereka tidak tertarik, saya akan sedikit menyesuaikan topik yang saya ajarkan untuk membuat mereka cukup tertarik dengan menyelaraskan apa yang saya ajarkan dengan apa yang mereka pedulikan dengan mengetahui tujuan, rencana, masalah kehidupan sehari-hari mereka, dan sebagainya).

Menguji beberapa teori psikologi atau perilaku manusia


Mengintegrasikan wawasan studi psikologi dan perilaku untuk menyesuaikan metodologi pengajaran yang mengoptimalkan pemahaman dan retensi mahasiswa. 

Saya mencoba menerapkan beberapa teknik lain yang saya pelajari dari mana saja yang terkait dengan psikologi manusia atau perilaku manusia. Misalnya, saya mencoba membuat materi menjadi menarik dengan menggabungkan cara mereka menyerap materi dengan mudah, seperti menggunakan alat bantu atau lembar kerja.

Menggunakan berbagai alat dan teknik pengajaran untuk memastikan bahwa materi disajikan dengan cara yang menarik dan mudah dipahami.

Ketiga hal ini akan menjadi cara saya untuk bertahan sebagai dosen dalam menjalankan tugas sehari-hari. Mungkin kalian bisa mempraktikkannya dan menyempurnakannya. Metode pengajaran ini akan sempurna dengan sedikit modifikasi yang disesuaikan dengan lingkungan dan situasi kalian karena saya percaya bahwa setiap konsep dan praktik harus dicoba dan gagal beberapa kali untuk membuatnya sempurna.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun