Mohon tunggu...
Hanifah Dwi Iswandari
Hanifah Dwi Iswandari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Administrasi Publik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Hallo, Dengan bergabungnya saya di platform Kompasiana, saya berharap dapat konsisten memberikan hasil analisis pemikiran dalam bentuk artikel sehingga bermanfaat bagi para pembaca.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemanfaatan Pelayanan Antrian Online: Aplikasi Mobile JKN di Puskesmas, Kecamatan Kebayoran Lama

12 November 2023   20:40 Diperbarui: 13 November 2023   10:15 400
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pelayanan Jaminan Kesehatan berbasis teknologi melalui Mobile JKN bertujuan untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam mengakses dan mendapatkan informasi dan layanan BPJS Kesehatan. Efektivitas pelayanan berbasis teknologi melalui Mobile JKN di BPJS Kesehatan Puskesmas Kebayoran Lama belum sudah sepenuhnya tercapai. Namun, fasilitas menunggu pasien untuk dipanggil keruang poli sudah terlihat dengan teratur dan rapihnya antrian pasien.

Saat ini Puskesmas Kebayoran Lama sudah tersedia untuk mengimplementasikan pendaftaran daring dengan menggunakan aplikasi mobile JKN, terdapat kelebihan yang dirasakan oleh pasien dari implementasi ini salah satunya, mengurangi antrian panjang untuk mempersingkat waktu dalam menunggu pendafataran diloket. Saat ini pasien maupun keluarga pasien dapat mendaftarkan pelayanan secara langsung dengan menggunakan mobile JKN dimana saja dan kapan saja. Caranya sangat mudah:

  • Download aplikasi mobile JKN melalui playstore
  • Buka aplikasi mobile JKN
  • Login
  • Lalu klik, pendaftaran pelayanan atau antrian
  • Pilih, fasililtas kesehatan (faskes) tingkat pertama
  • Kemudian, pilih poli dari kedatangan dan jadwal
  • Terakhir, kilik simpan

Selanjutnya pasien dapat langsung datang ke Puskesmas dan menunjukan pendaftaran kepada petugas yang ada di Puskesmas. Namun dalam proses dan praktiknya terdapat kendala/faktor pasien tidak ingin menggunakan aplikasi mobile JKN, seperti "kurangnya pemahaman menggunakan mobile JKN, mayoritas pasien menilai mengambil nomor antrian diloket pendaftaran karena lebih praktis, takutnya nomor antrian yg dipanggil belakangan sehingga tidak sesuai dengan mobile JKN, tidak adanya sosialisasi dari pegawai Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama" ujar pasien puskesmas.

Maka dari itu, masyarakat perlu untuk mengikuti sosialisasi pemahaman dari mana saja untuk menggunakan aplikasi mobile JKN, dapat juga memperoleh informasi melalui berita, situs web, atau platform sosial media. Sebenernya, untuk terlaksananya pelayanan online ini agar pasien dapat berpartisipasi dan berperan aktif dalam memakai aplikasi mobile JKN untuk masukan serta mengawasi proses-proses pelayanan yang ada di Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama.

Dengan demikian, harapan ke depan dengan adanya mobile JKN adalah terciptanya masyarakat Indonesia yang mempunyai hak yang sama dalam memperoleh akses atas sumber daya di bidang kesehatan dan memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, dan terjangkau dapat terwujud.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun