Mohon tunggu...
Handono Biola
Handono Biola Mohon Tunggu... Guru - Guru SDN 3 PANGANDARAN

musik dan sosial budaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Dampak Positif Juga Negatif Penggunaan Gadget bagi Anak SD

30 Juli 2022   14:25 Diperbarui: 30 Juli 2022   14:35 1267
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Kemajuan zaman dan Teknologi khusunya Gadget (HP) sangat berdampak sekali pada perkembangan prilaku dan pola pikir anak - anak sekolah khususnya siswa - siswi Sekolah Dasar.  

Dampak positif yang langsung dialami dan diterima oleh anak - anak SD yaitu  anak - anak dapat memiliki wawasan dan Pengetahuan  yang sangat luas ,  anak - anak lebih memiliki kreatifitas lebih tinggi  dengan cara  melihat tayangan - tayangan di Youtube atau website  lainnya. Anak - anak dapat membuat karya tulis, keterampilan membuat sebuah benda misalnya alat bermain untuk anak - anak dan yang lainnya . 

Dalam hal tersebut  semua kegiatan dan prilaku siswa - siswi khususnya SD membuat kami sebagai Guru dan orangtua  sangat bangga , senang dan gembira  karena kemajuan yang telah dimiliki siswa - siswi semakin baik dan mengagumkan sekali . Tetapi dalam penggunaan sebuah alat yaitu Gadget  tidak semua mengarah ke hal positif , ada dampak negatif yang harus kita waspadai baik oleh Guru di sekolah ataupun orangtua siswa di rumah .

Hal negatif tersebut jangan sampai terjadi sebab dampaknya akan sangat luar biasa juga yang akan terjadi pada diri anak- anak SD kita khususnya. 

Diantara hal - hal yang sangat ditakutkan karena anak - anak memiliki prilaku yang kurang baik untuk dirinya sendiri ataupun bagi oranglain. 

Dari  melihat tayangan - tayangan video  di Youtube atau website lainnya  yang tidak  layak untuk ditonton , anak akan mencontoh prilaku yang tidak baik tersebut , juga muncul rasa malas untuk melaksanakan tugas wajib rutin seperti sekolah , shalat 5 waktu bagi yang muslim karena saking asyiknya bermain game online yang dilakukan dalam waktu berjam - jam , akhirnya anak jadi sakit , lelah , capek dan alasan yang lainnya. 

Selain hal tersebut Gadget dapat menimbulkan konflik dalam berteman atau bermasyarakat lainnya di sekolah , karena sebuah tindakan yang kurang dipikirkan dengan baik misalnya ketika siswa atau siswi  membawa Gadget (HP) ke sekolah  ternyata ketika siswa pemilik Gadget (HP) tersebut lengah , HP nya hilang , dari situlah awal terjadinya sebuah permasalahan yang negatif juga munculnya   prasangka saling mecurigai , karena seorang anak yang dicurigai tidak meneriam juga tidak merasa mengambil atau mencuri.

akhirnya anak tersebut melapor kepada orangtuanya di rumah , akhirnya orangtua anak tersebut juga merasa kecewa dengan keadan keadaan tersebut . maka masalah tersebut menjadi permasalahan yang serius yang harus ditangani dan disikapi dengan baik oleh pberbagai pihak yaitu oleh pihak Sekolah , Orangtua siswa dan  siswa tersebut .Akhirnya dari semua kejadian tersebut membuat proses Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah  menjadi terganggu.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun