Mohon tunggu...
Fedro Suhendar
Fedro Suhendar Mohon Tunggu... -

Desain grafis http://fedro-suhendar.blogspot.com/ http://www.facebook.com/group.php?gid=310589248495

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Manipulasi Foto Menjadi Patung

17 Desember 2010   19:00 Diperbarui: 26 Juni 2015   10:38 154
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tutorial kali ini akan membahas tentang Texture Displacement, dimana kita akan menggunakan kombinasi displacement dan mode blending untuk mengganti tekstur suatu objek dengan tekstur objek yang lain. Bila kita berpikir mungkin untuk manipulasi seperti itu, cukup bermain dengan mode blending saja, tapi jika hanya menggunakan mode blending, tentu hasilnya tidak maksimal, baik dari sisi gelap-terang, maupun bentuk asli objek. Pada tutorial ini saya akan sharing bagaimana cara membuat objek menjadi sebuah patung batu. Yang kita butuhkan tentu saja objek yang akan kita manipulasi dan tekstur batu yang cocok. Untuk tekstur batu, bisa diunduh lewat google dengan kata kunci "stone texture".

1. Oke, seperti biasa buka dokumen, dan crop objek. Disini saya menggunakan objek bayi.

Beri efek desaturate pada objek (image_adjustments_desaturate) atau ctrl+shift+U. Kemudian save as dengan nama :  bayi desaturate.psd. Setelah di save as, otomatis kita ada di dokumen bayi desaturate tsb.

2. Coba perhatikan mata bayi ini.

Lucu kan? (lho...)
Sebuah patung tidak punya bola mata. Jadi hilangkan bola mata hitam itu dengan clone stamp tool (ukuran disesuaikan).
Caranya tahan Alt, lalu klik di bagian yang tidak hitam. Lepaskan Alt, klik ke bagian bola mata yang hitam. Seterusnya sampai bola mata tidak ada lagi, seperti gambar ini.

3. Langkah selanjutnya kita hilangkan bagian2 lain yang kurang pas, seperti rambut. (Ini bersifat optional)

Kali ini ga perlu clone stamp tool, tapi menggunakan smudge tool, brush hardness 100%, strength kira-kira 30%. Sapukan di bagian rambut hingga kepala terlihat halus.
Lalu kita coba buat sendiri contour wajah patungnya. Caranya sapukan juga smudge tool ke bagian-bagian wajah.
Jadinya seperti gambar ini.

(lebih bagus lagi kita bentuk sendiri contour bagian tubuh lain seperti tangan & kaki. Tapi perhatikan gelap-terangnya, dan jangan sampai merusak bentuk asli tubuhnya).
Kemudian beri efek gaussian blur 2 - 2,5 pixel.
Save as lagi dengan nama : bayi displacement.psd.
Jadi sampai sini kita punya 2 dokumen psd, yaitu "bayi desaturate.psd" dan" bayi displacement.psd."

4. TUTUP (CLOSE) semua dokumen psd yang ada. Lalu buka dokumen tekstur batu hasil search di google. Gambar yang saya gunakan seperti ini:

Di langkah ini, yang terpenting adalah ukuran gambar tekstur batu harus sama dengan ukuran gambar objek (bayi). Disini  gambar bayi saya 2122 pixel x 1663 pixel. Jadi gambar tektur batu saya buat ukurannya sama seperti itu menggunakan image_image size (scale styles & constrain proportions jangan dicentang).

5. Pilih filter_distort_displace. Saya menggunakan default setting. Setelah pilih Ok, kita diminta memilih file displacement-nya. Tidak lain tidak bukan yaitu dokumen "bayi displacement.psd" yang tadi sudah kita buat (inilah gunanya tadi kita tutup dokumen bayi displacement.psd). Setelah Ok, akan terjadi sedikit perubahan pada tekstur batu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun