Mohon tunggu...
Trihanda Roidah Syahira
Trihanda Roidah Syahira Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Surabaya

Memiliki hobi menulis dan melukis.

Selanjutnya

Tutup

Games

Game dan Teknologi: Evolusi dalam Bidang Hiburan dan Teknologi

7 Oktober 2024   12:11 Diperbarui: 7 Oktober 2024   12:11 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://pin.it/23MJqUBxLInput sumber gambar

Dunia game sudah berubah secara drastis beberapa tahun belakangan ini. Dari game sederhana dengan grafis yang apa adanya, kini banyak game yang menampilkan visual yang hampir realistis, termasuk penggunaan teknologi virtual reality (VR) and augmented reality (AR), perkembangan teknologi telah mengubah cara kita menikmati hiburan. Mari kita eksplorasi sejarah game dan peran teknologi dalam evolusi ini. 

Era Awal: Kelahiran Video Game

Pada awal 1970-an video game hampir sepenuhnya hadir sebagai sebuah hal baru yang diedarkan oleh para pogrammer dan teknisi yang memiliki akses ke komputer, terutama di lembaga penelitian dan perusahaan besar. Pada tahun 1970-an itu rilis sebuah video game bernama Pong.

Pong adalah video game generasi pertama yang dirilis sebagai permainan arkade yang dioperasikan dengan koin yang dikembangkan oleh Atari Inc. Permainan ini diciptakan oleh Allan Alcorn sebagai latihan yang ditugaskan kepadanya oleh salah seorang pendiri Atari, Nolan Bushnell , tetapi Bushnell dan salah seorang pendiri Atari, Ted Dabney, terkejut dengan kualitas karya Alcorn dan memutuskan untuk memproduksi game tersebut.

Tahun 1980-an: Ledakan Permainan Arcade

https://pin.it/2pdYneWMY
https://pin.it/2pdYneWMY

Tahun 1980-an dikenal sebagai "Zaman Keemasan Arcade." Pada masa ini, game-game seperti Pac-Man, Donkey Kong, dan Space Invaders meraih popularitas luar biasa dan menjadi ikon di arcade di seluruh dunia. Konsol rumah seperti Atari 2600 dan Nintendo Entertainment System (NES) menghadirkan pengalaman bermain game langsung ke ruang tamu, memungkinkan lebih banyak orang menikmati game tanpa harus pergi ke tempat arcade. Di samping itu, perkembangan teknologi pada era ini memperkenalkan konsep game multiplayer, di mana pemain dapat bersaing dan bermain bersama teman-teman mereka, menambah keseruan dan interaksi dalam pengalaman bermain.

 

Era 16-Bit: Kemajuan Grafis dan Narasi

https://pin.it/2os2s5Eng
https://pin.it/2os2s5Eng

Generasi keempat konsol video game, yang lebih dikenal sebagai era 16-bit, dimulai pada 30 Oktober 1987 dengan peluncuran PC Engine oleh NEC Home Electronics di Jepang, yang dikenal sebagai TurboGrafx-16 di Amerika Utara. Konsol 16-bit seperti Super Nintendo (SNES) dan Sega Genesis membawa perubahan besar dalam grafis dan suara, memungkinkan pengembang menciptakan game dengan dunia yang lebih kompleks dan cerita yang lebih mendalam. Game seperti Super Mario dan The Legend of Zelda menunjukkan bagaimana narasi dapat dipadukan dengan gameplay yang menarik. 

Pengenalan teknologi CD-ROM pada pertengahan 1990-an membawa perubahan besar dalam dunia game, memungkinkan penggunaan video dan audio berkualitas tinggi. Contoh nyata dari perubahan ini adalah Final Fantasy VII, yang menunjukkan bagaimana game dapat memberikan pengalaman sinematik yang mendalam.

Revolusi 3D: Memasuki Dunia Tiga Dimensi

https://pin.it/2vkYjXpOx
https://pin.it/2vkYjXpOx

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Games Selengkapnya
Lihat Games Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun