"Display Kelas adalah hal penting yang sering kita abaikan dalam penerapan pendidikan di sekolah khususnya Anak Usia Dini" (Hana Marita Sofianti)
Teman-teman semuanya di bahasan sebelumnya Bapak Dr. H. Purwanto, M.Pd menyampaikan bahwa tidak ada sejengkal tanah pun yang luput dari program Pendidikan Karakter di Purwakarta salah satunya adalah melalui program Tatanen di Bale Atikan (TdBA).
Begitu pula dengan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) yang sedang saya terapkan di sekolah bahwa tidak ada sejengkal dinding di sekolah pun yang luput dari penerapan display kelas.
Indonesia Heritage Foundation yang sering kita kenal dengan sebutan IHF menganggap Kelas memerlukan display yang baik dan positif juga efektif sehingga dapat menstimulasi perkembangan dan pertumbuhan anak usia dini.
Manajemen kelas yang baik terbentuk dari displaynya yang menarik bagi anak usia dini, oleh sebab itu sebelum mengetahui apa itu Display Kelas mari kita perdalam kembali apa itu Manajemen Kelas. Markica! Mari kita baca....
Manajemen KelasÂ
Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal seorang guru harus menciptakan suasana kelas yang kondusif melalui upaya-upaya kegiatan yang positif. (Wikipedia)
Ini merupakan usaha yang disengaja oleh guru agar kegiatan pembelajaran di kelas menjadi lebih efektif dalam membentuk perilaku dan budaya baik (praktek baik).
Tujuannya supaya memotivasi peserta didik sesuai dengan kemampuannya secara sadar dan menyenangkan melalui kegiatan-kegiatan sehari-hari di sekolah juga memacu disiplin positif bagi iklim sekolah.
Display Kelas Sebagai Sarana Pendidikan Anak Usia Dini
Semua jenjang sekolah baiknya memang menggunakan kelas melalui display-display yang menarik guna meningkatkan mood dan kreatifitas siswa juga sebagai faktor elemen kelas yang bisa di observasi secara kontekstual.