Mohon tunggu...
Hana LinwanRianto
Hana LinwanRianto Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa / Universitas Diponegoro

I’m a public relation enthusiast with proven content creation and planning skills. I have experience working as a part of a team and individually. I am always energetic and eager to learn new skills.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN UNDIP Melatih Pelaku UMKM Cara Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Pemasaran

13 Agustus 2022   14:21 Diperbarui: 13 Agustus 2022   14:54 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kelurahan Gemah, Pedurungan, Semarang (21/7/2022) - Media Sosial telah menjadi pilar utama dalam penyampaian informasi.  Seiring berjalannya waktu, penggunaan aplikasi media sosial mengalami kenaikan, dan pengguna nya paling banyak dari usia remaja hingga dewasa. Oleh karena itu, media sosial merupakan sarana yang paling sosial untuk melakukan promosi. Pelaku UMKM Kelurahan Gemah masih banyak yang kurang aware akan hal ini. Hal ini dimanfaatkan oleh Mahasiswa Tim II KKN UNDIP untuk melakukan program kerja monodisiplin dengan tema "Pelatihan Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Pemasaran Bagi Hasil Olahan Produk Pangan", Kamis (21/7/2022).

dokpri 
dokpri 

Kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan pemaparan materi melalui powerpoint yang terdiri dari penyajian fakta tingginya pengguna media sosial di Indonesia, Bisnis hasil olahan pangan yang memiliki pola menjanjikan bila di promosikan di Instagram, dan strategi marketing pada Instagram untuk meningkatkan penjualan. Selanjutnya dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang diikuti oleh Pelaku UMKM. Pelatihan ini ditujukan untuk pelaku UMKM terutama yang berkecimpung dalam dunia pangan. Melalui pelatihan ini, diharapkan sosial media terutama Instagram dapat dijadikan media bagi para pelaku UMKM untuk mempromosikan dagangannya dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Media sosial dipilih sebagai sarana dalam melakukan pemasaran karena penggunaannya yang cukup mudah untuk dipelajari tanpa membutuhkan biaya yang besar. Adanya situs jejaring sosial menjadi peluang usaha yang baik untuk memasarkan atau mempromosikan produk yang akan dijual. Instagram merupakan aplikasi photo-sharing yang sedang digandrungi belakangan ini. Kelebihan Instagram sebagai alat pemasaran adalah Instagram dapat menyampaikan pesan dari suatu brand melalui foto/gambar atau video berdurasi 60 detik. Bisnis hasil olahan pangan memiliki peluang yang menjanjikan apabila di promosikan melalui instagram. Instagram tidak hanya dapat membagi gambar atau foto makanan saja akan tetapi juga dapat membuat ruang untuk berinteraksi dengan konsumen. Fungsi dan peran media sosial instagram ini mengubah cara seseorang berkomunikasi yang semula satu dan dua arah, kini menjadi segala arah. Ini juga dapat menjadi saluran penting retailer untuk berhubungan dengan opini konsumen dan bagaimana cara mengajak khalayak umum untuk memecahkan masalah mengenai produk baru dan layanan.

Melalui pelatihan ini, masyarakat khususnya para pelaku UMKM di Kelurahan Gemah diharapkan dapat lebih sadar akan pentingnya melakukan promosi pada platform media sosial khususnya Instagram untuk meningkatkan brand awareness dan meraup keuntungan yang maksimal.  

Penulis : Hana Linwan Rianto - 23020319130090 - Fakultas Peternakan dan Pertanian
Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Ir. Wahju Krisna Hidayat., MT
Lokasi : Kelurahan Gemah, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun