Mohon tunggu...
Hamid Wan Nendra
Hamid Wan Nendra Mohon Tunggu... Guru - Guru

Dream, Believe, and Make It Happen

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengabdian Calon Guru Profesional PPG Prajabatan 2021 UAD di Tengah Pandemi

4 April 2022   12:54 Diperbarui: 4 April 2022   13:24 1119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan salah satu program pemerintah untuk peningkatan kualitas pembelajaran dan relevansi pendidikan di seluruh jenjang. Sehingga tujuan pelaksanaan PPG jelas untuk mendapatkan Guru yang berkualitas. PPG merupakan program diklat yang terdiri atas seleksi akademik, seleksi administrasi, dan pembelajaran terstruktur. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan prinsip objektif, adil, transparan, dan akuntabel.

Pada tahun 2022 ini, lebih tepatnya mulai Senin, 28 Maret 2022, mahasiswa PPG Prajabatan tahun 2021 Universitas Ahmad Dahlan sudah memasuki tahapan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Selama kurang lebih 4 bulan, hingga 4 Agustus 2022 nanti, para mahasiswa akan terjun langsung ke lapangan. Ditengah pandemi COVID-19 ini, banyak tantangan yang akan dihadapi para mahasiswa PPG Prajabatan tahun 2021.

Sebagai salah satu mahasiswa PPL PPG Prajabatan tahun 2021, saya merasa diuntungkan karena saya dapat memilih melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) disekolah tempat saya bertugas seperti biasa, yaitu di SMP Negeri 3 Banguntapan, Bantul.

PPL yang saya laksanakan begitu istimewa karena ditengah pandemi, aturan pelaksanaan pembelajaran sering berubah menyesuaikan dengan kondisi daerah saya mengajar. Sampai saat ini pembelajaran dilaksanakan dengan sistem Pertemuan Tatap Muka Terbatas (PTMT) sebanyak 50% dari total siswa. Dimana 50% siswa melaksanakan pembelajaran dengan sistem luring, dan 50% lainnya menggunakan sistem daring dari rumah masing-masing.

Sebagai mahasiswa yang sudah bertugas menjadid Guru, saya merasa diuntungkan karena dapat melaksnakan PPL di sekolah tempat biasa saya mengajar. Suport dari Ibu Kepala Sekolah, Ibu Kartini, M.Pd., dan bapak ibu guru lainnya menjadikan saya lebih semangat dalam menyelesaikan PPL untuk PPG Prajabatan saya.

Pada bulan pertama saya melaksanakan PPL, banyak sekali hal yang saya pelajari karena PPL PPG Prajabatan 2021 UAD ini tidak hanya terfokus pada Praktik Pembelajaran dikelas, melainkan juga non-pembelajaran. Saya belajar mengenai manajemen dan administrasi sekolah, belajar juga mengenai kegiatan pembinaan ekstrakulikuler, dan lain sebagainya. Kegiatan yang dilakukan saat PPL ini sangat sejalan dengan ketugasan yang ada disekolah. Tentunya dengan kegiatan PPL ini saya merasa tidak hanya kemampuan pedagogi saja, namun kemampuan managerial juga akan meningkat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun