Mohon tunggu...
Hamdali Anton
Hamdali Anton Mohon Tunggu... Guru - English Teacher

Saya adalah seorang guru bahasa Inggris biasa di kota Samarinda, Kalimantan Timur. || E-mail : hamdali.anton@gmail.com || WA: 082353613105 || Instagram Custom Case : https://www.instagram.com/salisagadget/ || YouTube: English Itu Fun

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Puisi | Apalah Kita Dibanding Dia

27 Februari 2019   10:53 Diperbarui: 27 Februari 2019   11:10 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar : yusmi-info.blogspot.com

Kawan, aku bisa mengerti kenapa kau tak mau berteman denganku. Aku rata-rata. Pintar tidak, bodoh pun tidak. Tampilan fisik pun 'standar'. Cakep tidak, jelek pun tidak. 

Memang kuakui kau cantik, pintar, punya semua yang diidamkan setiap wanita. Nyaris tanpa cacat cela. Tapi setiap manusia tak ada yang sempurna. Makanya, ada kalimat 'nyaris tanpa cacat cela'. 

Ingat, kita ini cuma manusia fana. Datang ke dunia telanjang, pulang ke akhirat pun telanjang. Datang tak membawa apa-apa, pulang pun pergi dengan tangan hampa. 

Tapi ada satu hal yang kita bawa nanti kalau dipanggil Tuhan. Perbuatan-perbuatan kita. Apa yang sudah kita perbuat di dunia ini?

Baik atau buruk, itu Tuhan yang menilai. Yang jelas kita ini makhluk ciptaan-Nya, yang penuh kekurangan. Kecantikan tak bertahan lama. Kepintaran tak seterusnya kita punya. Apalah kita dibanding Tuhan, Sang Pencipta dan Junjungan kita? 

Kita tak berarti apa-apa dibanding Dia. Kita ada sampai saat ini karena Dia. Kepintaran, kekayaan, kesehatan, wajah rupawan, semua karena kehendak-Nya. Untuk apa menyombongkan diri atas apa yang tidak kekal? Tuhan bisa mencabut semua yang kita punya karena Tuhan hanya meminjamkan pada kita. Bagaimana kita menggunakan, itu yang menjadi masalah.

Janganlah lupa. Setiap orang punya kelebihan yang mungkin tak kita punya. Jadi jangan meremehkan orang lain, karena siapa tahu, suatu saat kau membutuhkan bantuannya. 

*

Samarinda, 27 Februari 2019
Anton

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun