Mohon tunggu...
Halim Suryanto
Halim Suryanto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muria Kudus

Membaca buku dan suka berolahraga sepak bola

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Tes Hasil Belajar bagi Siswa dan Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

28 Juni 2024   15:20 Diperbarui: 28 Juni 2024   15:45 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tes Hasil Belajar merupakan cara untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana pemahaman dan pencapaian siswa dalam memahami materi pembelajaran. Tes hasil belajar tidak hanya menilai pengetahuan siswa saja, melainkan memiliki peranan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengembangan kurikulum.

1. Mengapa Tes Hasil Belajar Penting Dalam Dunia Pendidikan?

Hasil belajar berkaitan erat dengan proses pembelajaran, hal ini jika proses pembelajaran kurang baik mengakibatkan hasil belajar siswa juga akan kurang baik atau rendah, sebaliknya jika proses pembelajaran baik dan sesuai dengan yang dibutuhkan siswa maka hasil belajar siswa juga akan baik.

Dengan adanya tes hasil belajar guru dapat mengidentifikasi dan menentukan kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran seperti penggunaan model dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa maka akan berdampak terhadap hasil belajar yang baik untuk siswa.

2. Jenis-Jenis Tes Hasil Belajar

Berikut beberapa jenis tes hasil belajar yang dapat digunakan, antara lain :

  • Tes Tertulis 

Merupakan tes yang pelaksanaannya menekankan pada penggunaan kertas dan pensil sebagai instrument utamanya, sehingga tes tertulis berupa soal atau jawaban ujian secara tertulis, baik berupa tulisan tangan atau ketikan computer.

  • Tes Lisan

Tes lisan dilakukan dengan metode wawancara atau pembicaraan tatap muka antara guru dan murid, tes ini gigunakan untuk evaluasi langsung terhadap kemampuan verbal siswa dalam menjawab pertanyaan.

  • Tes Perbuatan

Tes  perbuatan mengacu pada proses penampilan sesorang dalam melakukan suatu unit kerja, dalam tes ini mengutamakan perbuatan peserta didik.

Pemilihan jenis tes yang tepat dan efektif tergantung pada tujuan pengajaran dan jenis pengetahuan yang akan dievaluasi.

3. Tujuan Tes Hasil Belajar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun