Hal pertama terbaru sangat  menarik yang saya dapatkan setelah mengikuti keseluruhan materi  "GBBPPSPPI" antara lain mendapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang UDL, PSB, pembuatan perencanaan pembelajaran akomodatif sampai dengan proses evaluasi.
Kedua , adalah Rencana tindak lanjut yg akan saya lakukan adalah bersama-sama dengan teman sejawat untuk senantiasa belajar dan memanfaatkan serta menerapkan pengetahuan yg telah diperoleh untuk melakukan pengelolaan pembelajaran dalam kelas masing2 secara efektif.( 11/11/2021 )
Penerapan Strategi Pelaksanaan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) idealnya selalu didasarkan pada hasil identifikasi dan asesmen sebelumnya. Hasil identifikasi yang berbeda dari satu peserta didik dengan peserta didik lainnya, menjadikan adanya kebutuhan yang berbeda sesuai dengan hambatan yang mereka miliki. Itulah esensi dari keberagaman peserta didik. Hal itulah yang menjadikan stimulus positif bagi guru untuk membuat beragam strategi pelaksanaan pembelajaran yang dapat mengakomodasi kebutuhan peserta didiknya yang keberagaman.
Strategi pelaksanaan pembelajaran yang akomodatif bagi "keberagaman peserta didik " , adalah implementasi pembelajaran yang didasarkan pada profil belajar siswa (PBS) dan dari RPP akomodatif yang yang telah Anda buat dengan menggunakan kerangka desain universal untuk pembelajaran atau Universal Design for Learning (UDL) yang telah dipelajari pada sesi-sesi sebelumnya. Strategi yang Anda gunakan ditujukan untuk mencapai tujuan belajar dan kebutuhan belajar PDBK dengan tetap memfasilitasi tercapainya tujuan belajar dan kebutuhan belajar peserta didik reguler pada umumnya.
Stategi pelaksanaan pembelajaran kedua jenis tersebut  dalam setting pembelajaran dapat dilaksanakan dengan berbagai cara, diantaranya adalah sekolah menyiapkan guru pendamping khusus yang bekerjasama dengan guru kelas dalam mendampingi ABK, memberikan tambahan jam diluar jam pelajaran, menyediakan fasilitas bagi ABK, menyediakan permainan pembelajaran untuk membuat ABK tertarik belajar, orang tua ABK memfasilitasi guru pendamping khusus untuk mendampingi proses pembelajarannya, guru memfasilitasi interaksi, kerja sama dan saling membantu antara siswa ABK dan siswa normal serta memberikan perhatian kepada ABK agar dapat belajar dan bekerjasama dengan temannya .
Penulis : Yenni Sussilowati , Guru Pengampu Kelas di SD Sitirejo I Â Tambakromo , Pati
Editor   :  Sholihul Hadi Bratapos
Penyunting akhir : HartiniÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H