Mohon tunggu...
Muhammad Shalahudin A. A. L. H
Muhammad Shalahudin A. A. L. H Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Universitas Sebelas Maret

Saya memiliki hobi bepergian, kulineran, dan mengamati sesuatu. Melalui ini, saya mencoba belajar untuk menuliskan tentang apa yang saya amati.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Mengapa Sulit Menulis?

20 September 2023   22:38 Diperbarui: 20 September 2023   22:39 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ini adalah foto penulis yang sedang pusing (dokpri)

Beberapa penyebab yang menimbulkan kesulitan dalam menulis menurut saya :

  • Rasa Malas yang Menghantui
  • Saya terlalu sering bermain gawai, dalam sehari saya menghabiskan banyak waktu untuk bermain gawai. Hal tersebut mengakibatkan saya jarang melakukan kegiatan yang berhubungan dengan menulis. Cara yang sedang saya lakukan adalah memaksa diri saya untuk menulis apa saja yang ada di dalam pikiran saya agar menjadi sebuah tulisan

  • Kurangnya Kosakata yang Dimiliki
  • Ketika saya mendapat tugas untuk menulis, tak jarang saya mendapat kesulitan dalam merangkai kata menjadi sebuah kalimat. Cara saya menghadapi permasalahan ini yaitu dengan sering membaca buku, artikel, dan jurnal untuk menambah kosakata yang saya miliki.

  • Suasana yang Tidak Tenang
  • Dalam menulis sesuatu, saya memerlukan tempat yang benar-benar tenang dan nyaman. Apabila tempat yang saya gunakan untuk menulis tidak tenang dan banyak suara, saya akan mengalami kesulitan dalam menulis. Dalam menghadapi permasalahan ini, saya biasa memulai untuk menulis di malam ketika suasana rumah telah sepi dan tenang.

  • Rasa Kantuk di Malam Hari
  • Saya sering menunda-nunda untuk menulis sesuatu. Saya sering berencana akan menulis di malam hari ketika suasana rumah telah sepi. Namun apabila malam telah tiba dan suasana rumah telah sepi, saya justru mengantuk karena seharian beraktivitas yang menguras energi. Permasalahan ini dapat diselesaikan dengan meminum kopi di malam hari dan tidur ketika siang hari agar ketika memulai untuk menulis di malam hari saya tidak diserang rasa kantuk.

  • Sulitnya Menuangkan Ide dan Gagasan Melalui
  • Ketika melihat sesuatu, seringkali terpintas di pikiran saya untuk menulis sesuatu tersebut. Akan tetapi, ketika akan mulai menulis, saya seringkali bingung apa saja yang akan saya tulis. Solusi dari masalah ini yaitu ketika saya memiliki niatan untuk menulis tentang sesuatu, saya harus segera menulis kerangka tulisan di catatan agar tidak bingung dan tidak lupa dengan apa yang akan saya tulis.


  • Cukup sekian tulisan saya mengenai beberapa penyebab kesulitan saya dalam menulis kali ini, apabila terdapat beberapa permasalahan yang sama, silakan mencoba solusi yang telah saya tuliskan. Marilah bersama-sama membiasakan diri untuk menulis, karena menulis lebih baik daripada mengobral janji manis.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun