Promosi merupakan suatu hal yang dilakukan saat melakukan penjualan untuk membertitahukan produk yang kita pasarkan serta memberi kepercayaan/keyakinan tentang manfaat produk kita kepada konsumen.Â
Teknologi media sosial diperlukan bagi pebisnis untuk melakukan pemasaran yang efisien dengan tujuan meningkatkan penjualan pasar. Media sosial saat ini digunakan lebih dari sekedar hiburan, dan juga menawarkan peluang fantastis untuk aktivitas bisnis. Media social yang biasa digunakan sebagai media promosi yaitu Instagram, Facebook, WhatsApp.
Komunikasi pemasaran tidak diragukan lagi terhubung ke media sosial sebagai alat untuk promosi. Promosi merupakan salah satu komponen bauran pemasaran dalam komunikasi ini.Â
Tujuan utama dari setiap promosi adalah untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap produk yang diiklankan. Kinerja penjualan produk meningkat karena semakin banyak orang yang menyadarinya.
Secara umum manfaat media social sebagai sarana promosi penjualan yaitu sebagai berikut:
- Membangkitkan Minat Publik
Bagi pengusaha, kita bisa membangkitkan minat terhadap barang atau jasa yang kita tawarkan dengan menghadirkannya dengan cara yang kreatif.
- Membantu Memperluas Sasaran Pemasaran dan Menemukan Pelanggan
Dengan menggunakan media sosial sebagai media promosi seperti facebook dan juga Instagram, kita dapat dengan mudah memperluas target pemasaran dan  menemukan konsumen yang jauh maupun dekat dengan lokasi bisnis kita, dengan mengaktifkan fitur locaton pada aplikasi tersebut.
- Digunakan Secara Gratis
Media sosial saat digunakan sebagai pemasaran produk tentu saja tidak berbayar/gratis, kita hanya perlu memposting foto/video yang menarik yang sekiranya mampu menarik perhatian pengguna lain.