Namanya generasi milineal tentu lebih melek digital dan mengikuti perkembangan dunia digital dari waktu ke waktu. Tidak hanya sebagai pengguna smartphone dan aplikasi digital, dalam urusan pekerjaan pun generasi milineal kini memanfaatkan peralihan strategi marketing atau pemasaran yang awal lebih cenderung ke offline/konvensional kini beralih ke digital marketing dan banyak perusahaan baik start-up, ukm, bahkan brand ternama kini cenderung memilih strategi digital marketing untuk urusan promo brand atau activation.Â
[Baca juga : Digital Marketing, Cara Promo Bisnis Online yang Murah, Cepat, dan Terjangkau]
Nah, bicara pekerjaan ternyata selain berkantor baik di brand atau agency para gerenesi milineal ini ternyata memiliki job sampingan sesuai dengan kemampuan. Bahkan tidak sedikit generasi milineal berawal dari side job-an akhirnya memutuskan untuk membuka kantor sendiri. Lalu apa saja usaha untuk generasi milenial? Seperti yang dilansir dari portal media dan berita kawasan, PingPoint.co.id dalam rubrik Bisnis Kawasan bahwa ada loh 4 insiprasi usaha yang mudah untuk kamu para generasi MilinealÂ
1. Jadi seorang Vlogger atau Blogger
Menjadi seorang vlogger atau blogger kini menjadi magnet yang cukup menarik untuk dijadikan sebagai mata pencaharian dan pundi pundi uang. Kenapa tidak, terkadang brand justru akan lebih viral jika promo yang digunakan via vlog atau blog dengan content yang lebih menarik dan target marketnya lebih tepat. Vlogger dan blogger juga memiliki jaringan community yang tidak sedikit pengikutnya, sehingga content yang dibuat akan lebih cepat viral dan alasannya tentu budget yang dikeluarkan akan lebih terjangkau.
Khusus vlog via youtube kini mulai menggantikan tontonan tv yang kini menjadi tontonan para Generasi Milineal.Â
2. Graphic Design
Anak zaman now kini lebih suka tampilan dengan visualisasi yang beragam, oleh karena itu social media Instagram menjadi favorit di kalangan milineal bahkan Indonesia, seperti yang ditulis oleh situs The Next Web dan dilansir oleh Liputan6 menempati urutan ke-3 dari 5 negara di dunia pengguna social terbanyak.Â
Menurut penulis, profesi sebagai desain graphic ini sampai kapanpun akan terus dibutuhkan untuk bisa menciptkan gambar-gambar dengan visual yang akan menarik para konsumen. Bahkan dengan visual gambar yang menarik, akan memudahkan masyarakat mengerti pesan yang disampaikan. Bahkan kini banyak tuh brand-brand yang menggunakan desain gambar yang unik bahkan nyeleneh sehingga membuat masyarakat penasaran dan akhirnya menjadi viral.Â
3.Konsultan Social Media
Terkadang banyak brand yang belum memiliki tim social media akan kelimpungan untuk bisa mengaktifkan social media sebagai media promosi online. Sehingga kesempatan ini bisa dimanfaatkan sebagai pundi-pundi uang bagi yang paham tentang optimasi social media. Apalagi sekarang social media seperti facebook dan instagram sudah bisa menggunakan iklan/ads yang budgetnya juga bisa semua tergantung di kita sebagai pemilik brand.Â