Dok: Instagram @nyonya.omi
Pandemi global Covid-19 pada dasarnya banyak memberikan dampak negatif pada sektor ekonomi masyarakat. Banyak dari sektor usaha yang mati karena pandemi ini, terutama usaha-usaha kecil atau usaha rumahan. Usaha rumahan banyak yang pailit dikarenakan pembatasan sosial yang dilakukan pemerintah dianggap menyulitkan masyarakat kelas bawah yang berpencaharian dari berdagang. Namun untuk dari banyaknya dampak yang ditimbulkan oleh Covid-19, terdapat suatu peluang yang dapat dimanfaatkan dengan ide kreatif sehingga bisa menjadi sebuah bisnis yang cemerlang.
Ny.Ieha atau Ny.Omi, pada akhir tahun 2019 bertepatan dengan mulainya pandemi ini, mendirikan usaha snack atau makanan ringan. Tidak hanya snack, Ny.Ieha juga menawarkan donat dengan varian rasa yang begitu banyak sehingga dapat menjadi nilai tambah bagi produknya. Tidak hanya donat, Ny.Ieha juga menawarkan jajanan berupa cheesestick.
“Dikarenakan kami baru berdiri sejak awal pandemi, justru pandemi ini membawa berkah bagi usaha kecil-kecilan kami. Penjualan melonjak sangat pesat sampai setiap hari bu ka orderan (ganti-gantian antara cheesestick dan donat setiap 2-3 hari),” Ujar Ny.Ieha pada Minggu, 31 Oktober 2021.
Tidak seperti kebanyakan usaha startup lainnya. Ny.Ieha merasa tidak mendapatkan banyak kendala selama pandemi ini. Justru dengan terlihat seperti ikan yang dikerubungi lalat (laris manis). Selain itu, usaha yang didirikan pada awal pandemi ini juga bertujuan untuk membantu para ojek online atau ojol untuk mengirimkan makanan, yang dimana para ojol-ojol ini sepi orderan, sehingga usaha Ny.Ieha membantu para ojol.
Selain membantu para ojek online, peluang yang dilihat oleh Ny.Ieha adalah dimana orang-orang tidak keluar rumah selama pembatasan sosial ini. Jadi proses pemesanan produk yang disajikan berbasis online. Satu-satunya kendala yang dirasakan oleh Ny.Ieha yaitu susahnya ketika harus mencari bahan-bahan produksi, dikarenakan harus keluar rumah ditengah penyebarannya Covid-19 ini. Walaupun demikian, hal tersebut tidak menghalangi Ny.Ieha, bahan-bahan produksi mulai banyak dijual di e-commerce atau online shop, sehingga memudahkan untuk mencari bahan produksi.
Selain kretifitas yang diutamakan dalam membuat bisnis startup terutama pada masa pandemi Covid-19 saat ini, Ny.Ieha juga memanfaatkan sosial media sebagai alat promosinya. Seperti yang diketahui, sosial media sangat memudahkan segala urusan, seperti berdagang. Promosi dilakukan melalui Instagram dengan nama akun @nyonya.omi dan juga melalui pesan whatsapp. Setiap pada pesanan dan testimoni selalu di post melalui insta-story di akun Instagram @nyonya.omi. Pada awalnya usaha kecil-kecilan ini ditawarkan kepada keluarga dan teman terdekat, lalu konsumen dimintai review atau ulasan terhadap produk tersebut.
Kepuasan konsumen adalah priotirtas nomor satu bagi Ny.Ieha, konsumen juga diharapkan untuk meninggalkan pesan, kritik, ataupun saran. Ny.Ieha juga mempunyai tagline produk yaitu, “Terus melakukan yang terbaik dan tunjukan sisi positif, jika ada sisi negatif handle with care”. Apapun keluhan dari konsumen akan menjadi masukuan bagi Ny.Ieha untuk kedepannya agar menjadi lebih baik.
Covid-19 tidak hanya memberikan dampak negatif pada sektor ekonomi masyarakat. Dengan kreatifitas dan ide-ide yang cemerlang, dapat merubah yang tadinya negatif menjadi positif. Bisnis startup yang dilakukan oleh Ny.Ieha ini dapat menjadi contoh bagi para pemilik bisnis rumahan lainnya.
#COVID19 #BISNISRUMAHAN # PELUANGBISNIS