Mohon tunggu...
Hafid Pradipta
Hafid Pradipta Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Amatir adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa latin "Amare" yang berarti Cinta. Seorang amatir adalah seseorang yang mencintai apa yang ia lakukan

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Kata Siapa Orang Soleh Tidak Kena Musibah?

6 Februari 2014   18:22 Diperbarui: 24 Juni 2015   02:05 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kata siapa orang soleh ga kena musibah? Buktinya Pak Arman yang dekat rumah saya kena juga kok. Rumah kita semua kena banjir setinggi paha, penuh dengan bau busuk dan sampah yang mengambang dari yang non organik hinggayang  organic.
Namun setelah saya memperhatikan ada beberapa perbedaan antara saya dan Pak Arman dalam musibah ini. Berikut adalah beberapa yang saya amati.

Pak Arman tuh kalo dapet uang ga pernah beli-beli barang. Seringnya dizakatkan ke orang lain yang tidak mampu. Jadinya rumahnya kecil, untuk membersihkan rumah pun sebentar. Kalo rumah saya mah gede. 5 kamar 3 kamar mandi 2 ruangan tengah dan garasi. Padahal cuma diisi berempat. Jadinya kan cape ngebersihinnya juga.

Pak Arman tuh, ga pernah ngeluh. Jadinya waktu banjir itu langsung diberesin dan langsung bersih lagi. Kalo saya sih ngedumel dulu seharian, nyalahin pemerintah lah, nyalahin tetangga-tetangga yang buang sampah sembarangan lah, nyalahin orang-orang daerah atas yang motongin hutan buat bikin perumahan lah. Semua orang saya salahin. Tapi lumpur di rumah saya mulai kering, jadi harus disiram sebelum dibersihkan lagi.

Pak Arman tuh kalo ada barang yang sekiranya dia tidak terlalu butuh terus orang lain membutuhkan, langsung dikasiin aja. Jadinya barangnya Cuma sedikit. Kalo saya mah pelit. Baju waktu jaman balita juga masih ada, jadinya satu lemari barang-barang seperti itu harus saya cuci gara-gara kena lumpur

Pak Arman tuh kemana-mana naek speda. Katanya sehat. Tidak seperti saya yang punya mobil 1 dan 2 motor yang semuanya kebanjiran dan untuk membenarkannya saja sudah habis jutaan rupiah.

Pak Arman tuh kerjanya rajin. Kalau ada waktu senggang pasti dipakai untuk kerja sambilan atau bantu-bantu tetangga. Jadinya kalo hanya untuk beres-beres rumah itu hanya butuh tenaga 1/10nya. Kalo saya tiap hari nonton TV, internetan, nongkrong, ketawa-ketiwi ya disuruh beres-beres rumah dikit langsung sakit pinggang encok pegel linu.

Pak Arman tuh kalo ada yang berkunjung ke rumahnya, duduknya di lantai aja beralaskan tikar. Jadinya tinggal digulung langsung beres. Kalo saya mah pengen kelihatan keren sama tetangga. Jadinya beli sofa, korsi pelitur yang berat-berat. Lumayan banget kan tuh kalau harus diangkat-angkat untuk dijemur

Pak Arman tuh suka membantu tetangga. Jadinya waktu rumahnya kebanjiran, banyak tetangga yang bantuin dia. Kalo saya mah kerjaannya ngejelek-jelekin tetangga terus. Begitu kebanjiran, ga ada yang mau nolongin. Kepaksa semuanya dikerjain sendiri.

Pak Arman tuh makanannya sederhana. Asal ada sayur dan ikan yang tidak terlalu mewah. Yang penting bergizi lah. Tiap hari dia beli bahan makan ke pasar untuk dimasak siang nanti atau malamnya.  Jadinya waktu banjir juga ga terlalu pusing sama makanan. Kalau saya gara-gara kulkas kebanjiran dan tidak bisa digunakan, kerjaannya kalo ga delivery ya beli makan di luar. Jadinya akhir bulan pengeluaran saya 2x lipat dari biasanya. Bulan depan saya makan apa?

Jadi setelah saya amati ternyata orang soleh itu bukan tidak terkena musibah, tapi tidak terpengaruh sama musibah. Pak Arman, besoknya setelah banjir sudah beraktifitas seperti biasa.  Sedangkan saya, yang boro-boro soleh, kena musibah sedikit aja pusingnya tujuh keliling. Butuh waktu hampir dua minggu untuk bisa beraktifitas seperti biasa.

Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun