Dalam sebuah perusahaan, proses komunikasi juga sangat diperlukan. Dengan demikian perusahaan dapat membangun hubungan yang baik dengan para stakeholder. Suatu perusahaan memiliki dua macam stakeholder, yaitu stakeholder internal dan stakeholder eksternal. Stakeholder internal termasuk mereka yang ada di dalam perusahaan seperti manajer, karyawan, investor, sales, dll. Stakeholder eksternal meliputi pelanggan, masyarakat, media, pemerintah, donatur, dan orang lain di luar lingkup perusahaan.
Sangat diperlukan bagi suatu perusahaan untuk menjaga hubungan baik dengan para stakeholder, dan menjaga hubungan baik dengan para stakeholder merupakan tanggung jawab seorang public relation (humas) dalam perusahaan. Tugas seorang public relation tidak hanya membangun hubungan dengan stakeholder saja, tetapi juga bertindak sebagai konsultan ahli, guna mencari solusi atas masalah hubungan dengan publik.
Saat ini, produk kecantikan dan perawatan kulit di Indonesia berkembang pesat. Masyarakat Indonesia khususnya wanita semakin gemar merawat kulitnya dengan produk kecantikan dan perawatan kulit. Selain itu, perkembangan globalisasi juga mempengaruhi pilihan masyarakat terhadap produk kecantikan dan perawatan kulit. Tren korea saat ini sedang trending dan diikuti oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Tren makeup dan bahkan produk yang berhubungan dengan Korea juga populer, makanan, perawatan kulit, dan lainnya.
Sehingga banyak masyarakat Indonesia yang saat ini menggunakan produk luar negeri seperti produk Korea. Produk skincare Korea sangat populer di pasaran, dan dengan pemikiran tersebut, pasar Indonesia terus meningkatkan produk lokal untuk bersaing dengan produk non-lokal.
Kecintaan masyarakat Indonesia terhadap budaya Korea telah menyebabkan terbentuknya fanbase yang sangat loyal terhadap idolanya. Dalam keadaan seperti itu, penggemar rela menghabiskan waktu untuk menonton semua aktivitas idolanya, bahkan menghabiskan banyak uang untuk tiket fansign, fanmeeting, dan membeli produk atau barang yang dipromosikan oleh sang idola.
Adanya fenomena tersebut membuat banyak perusahaan di Indonesia berkolaborasi dan menggunakan artis asal Korea dengan menjadikan mereka sebagai Brand Ambassador. Mereka berlomba-lomba menghadirkan artis Korea sebagai Brand Ambassador untuk produk mereka.
Scarlett Whitening adalah salah satu perusahaan produk perawatan kecantikan lokal. Scarlett Whitening adalah perusahaan produk kecantikan ternama di Indonesia. Meskipun Scarlett Whitening merupakan perusahaan ternama bahkan menjadi salah satu produk dari brand kecantikan dan perawatan tubuh Indonesia, Scarlett terus melakukan berbagai inovasi dan strategi dalam pemasaran produk agar produknya tetap diminati oleh masyarakat.
Salah satu kegiatan public relation internal dan eksternal yang paling menonjol adalah hubungan dengan pelanggan. Dalam kegiatan ini, seorang public relation harus mampu menjaga kepuasan para pelanggannya. Umumnya, mereka menganalisis apa yang sedang terjadi di masyarakat dan melakukan perbaikan dalam meningkatkan hubungan.
Scarlett Whitening adalah perusahaan Indonesia yang bekerja sama dengan artis Korea untuk menjadi Brand Ambassador produk mereka. Scarlett, perusahaan produk kecantikan dari artis ternama Felicya Angelista, menawarkan produk perawatan kulit, perawatan tubuh, dan perawatan rambut. Scarlett berkolaborasi dengan artis ternama Korea yaitu aktor Korea Song Joong Ki.
Scarlett tidak hanya bekerja sama dengan aktor Song Joong Ki sebagai Brand Ambassador, tetapi juga dengan grup idol K-POP Twice. Proses kerjasama dengan artis Korea ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran produk Scarlett. Beberapa artis ternama, public figure dan influencer di Indonesia juga digandeng untuk mempromosikan produk Scarlett dengan melakukan endorsement di media sosial mereka. Artis yang diundang untuk mempromosikan produk Scarlett mencakup semua usia, mulai dari artis muda hingga artis senior.
Menggunakan Brand Ambassador merupakan salah satu cara untuk meningkatkan citra perusahaan dan membangun kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan. Dalam hal ini, jika kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan meningkat maka dapat dikatakan minat masyarakat juga akan meningkat, dan pada akhirnya citra baik perusahaan dapat terjaga.