Mohon tunggu...
Hadisha Balqis
Hadisha Balqis Mohon Tunggu... Mahasiswa - hello!

be good doing good

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Antusiasme Korean Wave di Masa Pandemi bagi Kaum Milenial

16 Juli 2021   18:03 Diperbarui: 16 Juli 2021   18:04 229
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saat ini budaya korea sedang meluas dan berkembang pesat termasuk di negara Indonesia, banyak sekali orang orang yang mencari tahu mengenai kebudayaan dan hal hal lain yang ada di negara korea ini. Hingga fenomena ini disebut dengan "Korean Wave" atau disebut juga dengan Hallyu. Fenomena ini menjamur di kalangan milenial baik bagi gender perempuan maupun laki laki.

Hal yang diminati oleh para Korean wave sendiri berupa music, film, budaya, bahasa, makanan, make up, skin care, dan gaya bahasanya, hal tersebut bahkan diimplementasikan pada kehidupan sehari hari sehingga Korean wave ini lama kelamaan keberadaanya bisa diterima public. Tak jarang saat ini beberapa orang bahkan memeregkan cara berbicara ala korea didepan umum seakan akan hal ini menjadi sebuah kebiasaan yang dikuasai oleh mereka.

Begitupun music, produk Korean wave yang diminati kaum milenial adalah music kpop atau Korean pop yang dinyanyikan oleh para artis boyband maupun girlband, Twitter mengumumkan daftar negara yang paling banyak men-tweet terkait artis Kpop sepanjang tahun 2019 dan Indonesia berada pada peringkat 3 setelah Thailand dan Korea Selatan. Sedangkan untuk penayangan video-video K-pop di Youtube berdasarkan negara, Indonesia menempati posisi ke-2 dengan persentase 9.9% (Won So, 2020). Sementara itu, Korea Selatan berada pada posisi pertama dengan persentase yang tak jauh berbeda dari Indonesia yaitu 10.1%.

Boyband dan girlband yang ditampilkan dari korea ini juga mempunyai kualitas yang baik sehingga hal ini juga menjadi alasan para Korean wave menyukai korea. Tentunya untuk menjadi fans bagi girlband dan boyband atau kpopers pun tidak hanya sekedar menyukai nya saja  mereka juga mengumpulkan album, membeli tiket konser dan tentunya merchandise serta membeli produk yang diiklankan artis idolanya, yang terkadang memiliki harga yang fantastis. Beberapa boyband dan girlband yang diminati yaitu, BTS, EXO, NCT, Twice, Blackpink, ITZY dan masih banyak lagi.

Ditambah lagi saat ini masyarakat Indonesia harus stay at home karena adanya virus covid 19, sehingga fenomena Korean wave ini semakin menjamur, karena munculnya drama drama atau film korea yang bisa mengisi kekosongan waktu ketika dirumah saja. Bahkan tidak hanya kaum muda, tak jarang ibu ibu terpincut oleh drama drama dari korea tersebut.

Selain itu fashion dan skincare dari korea juga memicu perhatian, karena kualitas yang bagus dan dipakai oleh artis artis terkenal memberikan antusiasme yang besar dari masyarakat yang ingin ikut menggunakan nya juga. banyak dari vloger make up yang mempromosikan produk nya lewat youtube bahkan instagram. Pakaian dan style dari korea juga menjadi hal yang ditiru masrakat karena memiliki keunikan dan karakteristik tersendiri. 

Msaih banyak hal hal yang membuat negara korea ini menjadi dikenal oleh banyak khalayak, sehingga fenomena ini akan terus berkembang seiring berjalan nya waktu.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun