Tak bisa dipungkiri pembelajaran bahasa Inggris terkadang membuat bosan peserta didik. Karena peserta didik menganggap bahwa bahasa Inggris bukanlah bahasa mereka dan dianggap susah. Sehingga membuat mereka tidak berminat dalam belajar bahasa Inggris. Dan kondisi ini juga dilandasi dengan latar belakang masalah diantaranya adalah peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran bahasa Inggris, peserta didik merasa bosan di dalam kelas, peserta didik memiliki motivasi yang rendah dalam belajar bahasa Inggris.
Kondisi ini juga diperburuk dengan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dan penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dan inovatif. Tidak menggunakan media atau metode-metode yang membuat suasana belajar lebih menyenangkan berakibat pada peserta didik yang kurang berminat dalam melakukan proses pembelajaran bahasa Inggris di kelas.
Faktor-faktor tersebut diatas menjadi penyebab kurangnya motivasi peserta didik dalam belajar Bahasa Inggris. Dari dasar permasalahan tersebut maka saya mencoba berbagi praktek baik PPL tentang penerapan model Probject Based Learning (PjBL) dengan media Picture Series pada materi Descriptive Text yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar bahasa Inggris terutama menulis teks deskriptif sederhana sesuai dengan tema pembelajaran. Selain itu saya mencoba mengembangkan LKPD interaktif melalui situs online yang bernama Liveworksheets  sebagai media asesmen formatif dan sumatif (assesment as learning and assesment of learning) yang diharapkan menjadi solusi bagi pengembangan pembelajaran yang inovatif.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H