BAB l
1. Latar Belakang
Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam pembangunan suatu negara. Melalui pendidikan, kualitas sumber daya manusia dapat ditingkatkan, sehingga mampu mendorong kemajuan dan kesejahteraan bangsa. Namun, di Indonesia masih terdapat kesenjangan kualitas pendidikan yang cukup signifikan antara daerah perkotaan dan pedesaan, serta antara kelompok ekonomi atas dan bawah.
Kesenjangan kualitas pendidikan ini dapat dilihat dari beberapa indikator, seperti perbedaan kualitas guru, fasilitas sekolah, akses terhadap pendidikan, dan capaian hasil belajar siswa. Hal ini menyebabkan ketimpangan dalam memperoleh kesempatan dan kualitas pendidikan yang layak bagi seluruh warga negara.
2. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam artikel ini adalah:
a. Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan kesenjangan kualitas pendidikan di Indonesia?
b. Bagaimana upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesenjangan kualitas pendidikan di Indonesia?
3. Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan artikel ini adalah:
a. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesenjangan kualitas pendidikan di Indonesia.