Mohon tunggu...
Gustin Sheillamita
Gustin Sheillamita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PGSD Untirta

Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Hubungan Kinerja Pendidik dalam Menumbuhkan Sikap Tanggung Jawab Peserta Didik

1 Desember 2024   10:35 Diperbarui: 1 Desember 2024   10:43 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

BAB I 

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Berdasarkan hasil observasi awal peneliti Di SDN 1 Anyar menjelaskan bahwa kurangnya kesadaran peserta didik terhadap karakter tanggung jawab hal ini di tandai dengan observasi yang dilakukan hingga perlunya upaya guru dalam mewujudkan pelaksaan pendidikan karakter. Kurangnya usaha guru dalam menanamkan rasa tanggung jawab kepada siswa menjadi faktor penyebab rendahnya kesadaran siswa terhadap kewajiban tersebut di kelas. Selanjutnya, masih terdapat beberapa peserta didik yang kurang dalam bersikap atau tidak punya sopan santun terhadap pendidik, sehingga menjadi permasalahan moral sejak dini.

Meskipun banyak siswa belajar cara menjadi orang yang dapat dipercaya di kelas, mereka biasanya kesulitan melakukannya di luar kelas. Kepercayaan, keterampilan membuat keputusan, dan menahan diri untuk tidak mengakui sesuatu yang bukan milik mereka merupakan komponen tanggung jawab (Ningrum et al., 2020). Bertanggung jawab berarti memahami bagaimana keputusan yang dibuat siswa tidak hanya memengaruhi kehidupan mereka sendiri tetapi juga kehidupan orang lain (Helwend & Tuamain, 2023).

Rumusan Masalah

            Berdasarkan uraian latar belakang diatas maka diperoleh rumusan masalah yaitu bagaimana hubungan kinerja pendidik dalam menumbuhkan sikap tanggungjawab peserta didik di SDN 1 Anyar?

Tujuan

            Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui hubungan kinerja pendidik dalam menumbuhkan sikap tanggungjawab peserta didik di SDN 1 Anyar.

BAB II

METODE DAN PEMBAHASAN

Metode

            Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan di SDN 1 Anyar. Subjek penelitian ini adalah pendidik dari SDN 1 Anyar yang bernama Ibu Embay Rusminah, S.Pd. Guru sebagai subjek penelitian turut membantu peserta didik dalam mengembangkan karakter moralnya, sehingga para subjek penelitian mampu memberikan laporan yang akurat tentang upaya yang telah dilakukan dalam membantu peserta didik dalam mengembangkan karakter bertanggung jawab. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara yang merupakan sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini.

Pembahasan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun