BAB IÂ
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Berdasarkan hasil observasi awal peneliti Di SDN 1 Anyar menjelaskan bahwa kurangnya kesadaran peserta didik terhadap karakter tanggung jawab hal ini di tandai dengan observasi yang dilakukan hingga perlunya upaya guru dalam mewujudkan pelaksaan pendidikan karakter. Kurangnya usaha guru dalam menanamkan rasa tanggung jawab kepada siswa menjadi faktor penyebab rendahnya kesadaran siswa terhadap kewajiban tersebut di kelas. Selanjutnya, masih terdapat beberapa peserta didik yang kurang dalam bersikap atau tidak punya sopan santun terhadap pendidik, sehingga menjadi permasalahan moral sejak dini.
Meskipun banyak siswa belajar cara menjadi orang yang dapat dipercaya di kelas, mereka biasanya kesulitan melakukannya di luar kelas. Kepercayaan, keterampilan membuat keputusan, dan menahan diri untuk tidak mengakui sesuatu yang bukan milik mereka merupakan komponen tanggung jawab (Ningrum et al., 2020). Bertanggung jawab berarti memahami bagaimana keputusan yang dibuat siswa tidak hanya memengaruhi kehidupan mereka sendiri tetapi juga kehidupan orang lain (Helwend & Tuamain, 2023).
Rumusan Masalah
      Berdasarkan uraian latar belakang diatas maka diperoleh rumusan masalah yaitu bagaimana hubungan kinerja pendidik dalam menumbuhkan sikap tanggungjawab peserta didik di SDN 1 Anyar?
Tujuan
      Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui hubungan kinerja pendidik dalam menumbuhkan sikap tanggungjawab peserta didik di SDN 1 Anyar.
BAB II
METODE DAN PEMBAHASAN
Metode
      Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan di SDN 1 Anyar. Subjek penelitian ini adalah pendidik dari SDN 1 Anyar yang bernama Ibu Embay Rusminah, S.Pd. Guru sebagai subjek penelitian turut membantu peserta didik dalam mengembangkan karakter moralnya, sehingga para subjek penelitian mampu memberikan laporan yang akurat tentang upaya yang telah dilakukan dalam membantu peserta didik dalam mengembangkan karakter bertanggung jawab. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara yang merupakan sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini.
Pembahasan