Pengaruh inflasi terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dapat menjadi masalah serius bagi pemilik bisnis. Inflasi dapat menyebabkan kenaikan harga bahan baku, tenaga kerja, dan utilitas, yang pada gilirannya dapat mengurangi margin keuntungan UMKM. Oleh karena itu, memiliki strategi yang tepat untuk menghadapi inflasi sangat penting bagi UMKM untuk menjaga daya saing mereka.Â
Salah seorang ekonom klasik yaitu Jean-Baptiste Say menyatakan bahwa penawaran menciptakan permintaan sendiri, artinya produksi agregat akan menghasilkan pendapatan yang cukup untuk membiayai semua pengeluaran yang dihasilkan . Teori ini menekankan pada penerapan harga fleksibel, baik dari segi upah ataupun barang.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H