Mohon tunggu...
Gustaaf Kusno
Gustaaf Kusno Mohon Tunggu... profesional -

A language lover, but not a linguist; a music lover, but not a musician; a beauty lover, but not a beautician; a joke lover, but not a joker ! Married with two children, currently reside in Palembang.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Inilah Karikatur Ahok dan Abraham Samad

18 Februari 2014   00:24 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:44 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Posting kali ini mungkin paling sedikit narasinya, tetapi mudah-mudahan masih memenuhi syarat minimal jumlah kata yang ditentukan oleh admin. Singkat kata, saya ingin mempertunjukkan (showcase) buah pena saya menggambar karikatur Ahok dan Abraham Samad. Sebagai pemula, menggambar karikatur Ahok benar-benar sangat sulit bagi saya. Berlembar-lembar kertas akhirnya masuk ke keranjang sampah karena hasilnya sama sekali tak mirip. Baru setelah ke sekian kalinya mencoba, akhirnya saya merasa paling tidak kemiripannya sudah mencapai 70 sampai 80 persen. Iseng-iseng saya mencari di Google, semua karikatur dari Ahok yang sudah dibuat oleh para karikaturis. Saya sampai pada kesimpulan, belum ada karikatur-karikatur tersebut yang menyerupai Ahok.

[caption id="attachment_312488" align="aligncenter" width="480" caption="(dok pribadi)"][/caption]

Menggambar karikatur Abraham Samad yang saya pilih juga karena belum ada karikaturnya yang menurut pandangan saya pas benar. Apakah karikatur yang saya buat lebih menyerupai, saya serahkan penilaian pada sahabat Kompasianers. Ada kepuasan yang sulit dilukiskan dengan kata-kata, apabila gambar karikatur yang saya buat berhasil “masuk”. Namun dengan segala kerendahan hati saya mengatakan bahwa hasilnya ini boleh dibilang “kebetulan”. Kalau saya diminta menggambar sekali objek yang sama, boleh jadi akan gagal kembali.

[caption id="attachment_312489" align="aligncenter" width="436" caption="(dok pribadi)"][/caption]

Menggambar karikatur Jokowi menurut saya mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi pula. Saya sudah amati di Google, karikatur yang menggambarkan Jokowi belum ada yang pas betul. Konon wajah yang karikaturis seperti Sutan Bhatoegana, Aburizal Bakrie, atau Ruhut Sitompul lebih mudah dibuat goresan kartun dan karikatur. Saya teringat dengan tokoh presiden Soeharto di zamannya. Nyaris tak ada karikatur dan kartun Soeharto pada koran di zaman itu, karena taruhannya koran itu bisa dibreidel. Karenanya, kalau sekarang kita mencari karikatur Soeharto dapat dipastikan akan nihil hasilnya. Alangkah bedanya dengan zaman sekarang, karikaturis dengan bebas menggambarkan SBY dengan segala olok-oloknya.

Itu saja pengantar dari saya, dengan harapan sahabat Kompasianers dapat merasakan hiburan melihat dua buah karya karikatur saya ini sembari juga saya persilakan untuk memberikan caption sesuai dengan persepsi Anda masing-masing.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun