Mohon tunggu...
Agus Fendi Handoko
Agus Fendi Handoko Mohon Tunggu... Guru - SDN 2 Sinanggul

Guru Penggerak Angkatan 7 Kab.Jepara

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Memaknai Pendidikan Sejati di Era Modern

13 November 2023   20:55 Diperbarui: 13 November 2023   20:55 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
SDN 2 Sinanggul. Dokpri

Ki Hajar Dewantara, atau lebih dikenal sebagai Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, adalah seorang tokoh yang lahir pada tahun 1889 di Yogyakarta, Indonesia, yang secara tak terbantahkan telah meninggalkan jejak bersejarah dalam dunia pendidikan, filsafat, dan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Sebagai seorang pemikir dan pionir pendidikan, ia membawa pandangan yang revolusioner tentang pendidikan yang jauh melebihi norma-norma konvensional.

Pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan sangat dipengaruhi oleh berbagai aliran pemikiran, termasuk humanisme, idealisme, dan nasionalisme. Baginya, pendidikan sejati tidak hanya tentang pengetahuan akademis, tetapi juga tentang pembentukan karakter, moralitas, dan intelektualitas individu. Ia memandang pendidikan sebagai sarana untuk menciptakan generasi yang lebih baik dan memiliki dedikasi terhadap negara.

Salah satu kontribusi terbesar Ki Hajar Dewantara adalah konsep "Taman Siswa," yang menjadi pondasi pendidikan yang mengedepankan nilai-nilai kebebasan, kemandirian, dan pengembangan diri. Taman Siswa mengajarkan bahwa setiap individu memiliki potensi yang unik dan harus diberikan kebebasan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan bakat mereka. Dengan cara ini, Ki Hajar Dewantara berusaha menciptakan lingkungan pendidikan yang memungkinkan setiap siswa untuk tumbuh menjadi individu yang berdaya dan memiliki kualitas moral yang tinggi.

Melalui pemikiran dan konsep-konsepnya tentang pendidikan, Ki Hajar Dewantara telah membantu membentuk landasan pendidikan Indonesia yang lebih baik dan memberikan dorongan besar bagi perjuangan kemerdekaan bangsa ini. Ia tetap menjadi inspirasi bagi banyak pendidik dan pemikir pendidikan di Indonesia dan di seluruh dunia.

Ki Hajar Dewantara berpendapat bahwa pendidikan sejati bukan hanya tentang pengetahuan akademik, tetapi juga tentang pengembangan karakter dan moral individu. Pendidikan sejati harus membentuk individu yang berakhlak baik, memiliki empati, dan mampu berkontribusi positif kepada masyarakat.

Pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan sejati mencerminkan prinsip-prinsip mendasar yang menjadi landasan bagi pendidikan yang bermakna. Pertama, ia menekankan pentingnya pembentukan karakter individu. Baginya, pendidikan sejati harus membantu individu membangun nilai-nilai moral seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan kerjasama. Ki Hajar Dewantara melihat karakter yang kuat sebagai landasan esensial untuk mencapai keberhasilan dalam kehidupan.

Selain itu, kemandirian adalah salah satu pilar penting dalam pemikirannya. Ki Hajar Dewantara meyakini bahwa pendidikan harus mengajarkan individu untuk menjadi mandiri, bertanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri, dan memiliki kemampuan untuk mengambil inisiatif. Kemampuan memecahkan masalah dan keinginan untuk terus belajar sepanjang hidup merupakan elemen-elemen kunci dalam pandangan pendidikannya.

Pengembangan potensi individu adalah aspek lain yang sangat dihargai oleh Ki Hajar Dewantara. Baginya, setiap individu memiliki potensi dan bakat yang unik. Oleh karena itu, pendidikan sejati harus menciptakan lingkungan yang memungkinkan siswa untuk menemukan dan mengembangkan bakat mereka sepenuhnya.

Terakhir, Ki Hajar Dewantara mendukung pendidikan inklusif yang dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat. Ia ingin agar pendidikan tidak hanya tersedia bagi mereka yang mampu secara ekonomi, tetapi juga bagi mereka yang kurang beruntung. Konsep "Taman Siswa," yang diusulkan, mencerminkan visi inklusif ini, di mana setiap individu, tanpa memandang latar belakangnya, memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Melalui pemikiran ini, Ki Hajar Dewantara telah memberikan sumbangan berharga dalam mengembangkan pendidikan yang bermakna dan merata di Indonesia.

Pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan sejati tetap sangat relevan di era modern ini, bahkan mungkin lebih relevan daripada sebelumnya. Pertama-tama, pendidikan karakter yang diadvokasinya memiliki peran yang krusial dalam menangani berbagai tantangan sosial di zaman ini. Di tengah persaingan yang semakin kompetitif, moral dan etika yang kuat adalah fondasi untuk mengatasi masalah seperti korupsi, kejahatan, dan intoleransi yang masih ada dalam masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun