Dalam proses melamar pekerjaan, pastikan untuk menyiapkan beberapa dokumen wajib seperti surat lamaran dan Curriculum Vitae (CV). Meski surat lamaran dan CV dapat menjadi tugas yang menantang, banyak orang merasa bingung dalam menyusunnya agar dapat menarik perhatian HRD dan meningkatkan peluang panggilan interview.
Bagaimana cara membuat Curriculum Vitae "CV" yang bagus dan dilirik HRD?Â
Beruntung, dengan perkembangan teknologi, tersedia berbagai aplikasi dan situs yang dapat membantu dalam pembuatan surat lamaran dan CV.Â
Salah satu opsi adalah ChatGPT, chatbot AI berbasis Language Model dari OpenAI, yang responsif terhadap berbagai pertanyaan dengan kefasihan.Â
Adapun hal yang perlu diketahui ketika kamu ingin membuat Curriculum Vitae, hal ini mencakup pengenalan biografi singkat, pendidikan, pengalaman bekerja, dan kemampuan lain yang berguna.
Tidak kalah penting mengingat untuk mencantumkan kegiatanmu yang bermanfaat, baik dalam komunitas atau organisasi masyarakat.
Berdasarkan pengalaman membuat Curriculum Vitae, saya Gunawan Sianturi akan memberikan tips cara membuat CV memanfaatkan aplikasi yang tersedia gratis di Play Store maupun secara online.
1. ChatGPT
ChatGPT membawa kemudahan bagi banyak orang dengan memberikan bantuan cepat dalam menyelesaikan pekerjaan.
Kamu dapat memanfaatkan ChatGPT untuk membuat surat lamaran dan CV yang menarik dengan mudah. Misalnya, cukup ketik perintah "buatkan saya surat lamaran crew untuk perusahaan X," dan ChatGPT akan memberikan jawaban lengkap sesuai permintaanmu.Â
2. Microsoft Word
Selain itu, Microsoft Word, perangkat lunak pengolah kata terkenal, menyediakan beragam template surat lamaran yang dapat disesuaikan dengan gaya dan kebutuhanmu. Pilih template yang sesuai, dan ganti kontennya sesuai preferensimu.