Selamat datang para pembaca atau Kompasianer, terima kasih telah hadir di artikel kali ini yang memuat informasi terkini mengenai Search Engine Optimization atau SEO.Â
Adapun pada kesempatan ini akan dibahas cara memahami dan menghadapi tren digital tahun 2024.
Seiring dengan terus berkembangnya dunia digital, SEO memegang peran yang semakin penting dalam menentukan visibilitas dan keberhasilan online suatu website, blog, atau platform digital lainnya. Â
Berikut ini akan dibahas tentang perubahan yang diantisipasi dalam ranah SEO untuk tahun 2024. Mari bersama-sama mengulik informasi terkini, tren utama, dan perubahan algoritma yang dapat mempengaruhi cara kita mendekati optimasi mesin pencari.Â
Simak dengan seksama pembahasan SEO 2024, karena pengetahuan ini dapat menjadi kunci kesuksesan digital bagi para pembaca semua.
Pengertian SEOÂ
Dikutip dari MOZ, SEO merupakan aksi yang merujuk pada serangkaian strategi yang diformulasikan untuk meningkatkan eksposur dan peringkat halaman web pada hasil pencarian organik. SEO menjadi metode efektif untuk memperbaiki sekaligus meningkatkan jumlah serta kualitas lalu lintas pada suatu situs.
Menurut informasi dari Tech Target, SEO diartikan sebagai usaha untuk meningkatkan kemampuan terlihatnya suatu situs web saat pengguna mencari produk atau layanan tertentu.
Semakin tinggi tingkat terlihatnya, semakin besar peluang pengguna untuk menemukan serta memahami isi konten atau model bisnis yang ditawarkan.
Jadi, secara definisi sederhana, SEO merupakan cara, tindakan, atau strategi yang digunakan oleh para pakar SEO untuk mengoptimalkan konten, dengan tujuan meningkatkan peringkat dan terlihatnya suatu halaman web pada mesin pencari.
Manfaat SEO yang Terpenting
Perlu tahu bahwa ada beragam manfaat dari SEO, seperti yang diuraikan oleh Akbar Sanusi dalam Ebook SEO 27 Pilar SEO Storm Resistant (2021), meliputi:
1. Menghasilkan lalu lintas organik
2. Membangun kesadaran merek dalam pemasaran digital
3. Meningkatkan tingkat kepercayaan, seiring mayoritas pengguna internet yang cenderung mempercayai sumber informasi tanpa iklan langsung.