Mohon tunggu...
Gunawan
Gunawan Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Sekedar ingin berbagi melalui tulisan

Selanjutnya

Tutup

Money

Hobi Ngoprek Jadi Proyek

30 September 2013   09:35 Diperbarui: 24 Juni 2015   07:12 453
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Meja dan senjata ngoprek untuk menyalurkan hobi dan mendatangkan penghasilan (Foto-docpri)

Sejak SMP saya sudah punya hobi ngoprek-ngoprek. Bongkar pasang peralatan elektronik. Kadang berhasil kadang juga jadi ngangkrak. Pernah dulu waktu masih SMP bongkar radio kecil kepunyaan Mbah Lanang (kakek). Akhirnya bisa nyala lagi. Sangking senengnya Mbah ngasih duit untuk beli jajan karena radio kesayangan bisa nyala lagi.

Hobi ngoprek keterusan sampai kuliah. Dari sekedar nolongin temen-temen membetulkan alat-alat elektroniknya sampai akhirnya bisa cari uang sendiri untuk tambah-tambah ongkos dan uang saku saat kuliah.  Saya memang tidak membuka tempat reparasi khusus di rumah. Cuma sebagai hobi dan jika ada yang minta tolong ya saya tolongin. Untuk masalah ongkosnya ya seikhlasnya saja.

Kemampuan ngopreksaya terus saya tingkatkan dengan terus belajar secara otodidak. Sekarang ini belajar tidak sulit. Apalagi sejak adanya internet dan mbah google. Hampir semua permasalahan bisa ditanya dan dipelajari melalui internet.

Saya banyak memperdalam tentang software dan desain web, sehingga oprekan saya meningkat tidak hanya sekedar memperbaiki alat elektronik, tapi juga membuat program dan web yang sekarang lagi booming.

Sebenarnya berlebihan jika saya katakan ini sebagai bisnis. Hobi saya ini hanya saya jadikan sebagai kesenangan yang sekaligus menjadi penghasilan tambahan. Sewaktu kuliah oprekan saya meningkat sampai ke bidang komputer. Sampai sekarang juga lebih banyak ngoprek komputer baik masalah software maupun hardwarenya.

Untuk perbaikan elektronik sekarang sudah gampang karena menggunakan modul-modul dan memakai software. Kadang laptop, HP atau gadget tidak rusak fisiknya cuma softwarenya yang perlu diinstall ulang. Akhirnya kerumitan pekerjaan berkurang tapi hasilnya jadi lebih lumayan.

Walau hanya sebagai pekerjaan sampingan kadang saya bisa mendapat orderan yang bisa dibilang proyek kecil-kecilan seperti mendesain website dan juga membangun aplikasi (software) khusus yang diperlukan oleh klien.

Memang saya berencana untuk membuka sebuah lembaga kursus  untuk menularkan hobi saya kepada generasi muda disekitar saya yang putus sekolah agar mereka mempunyai ketrampilan dan hobi yang bisa mendatangkan uang (bisnis). Kadang mereka datang ke rumah untuk sekedar belajar (les private) menginstall laptop yang terkena virus. Namun karena keterbatasan dan keterikatan waktu dalam pekerjaan utama niat dan cita-cita saya ini belum kesampaian.

Walaupun demikian  saya sangat bersyukur mempunyai hobi ngoprek yang alhamdulillah bisa menjadi pendapatan tambahan untuk keluarga saya.

Salam-Kompasiana

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun