Mohon tunggu...
Inovasi

Simpan Apapun Bisa, SanDisk Punya Solusi

13 April 2018   20:39 Diperbarui: 13 April 2018   20:46 798
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
SanDisk Flashdisk (dok.pribadi)

Perkembangan era teknologi yang tidak terbendung tidak hanya akan menimbulkan efek yang baik bagi pengguna. Di sisi lain, perlu untuk diperhatikan bahwa perkembangan tersebut juga dibayangi oleh semakin banyaknya celah yang dapat digunakan untuk melakukan hal yang dapat merugikan bagi orang lain. Ya, kejahatan tidak hanya terjadi di dunia nyata. 

Kejahatan di dunia maya atau lebih dikenal dengan istilah cyber crime telah menjadi perhatian seluruh dunia akhir-akhir ini. Seperti contoh kejadian beberapa waktu yang lalu ke tika terjadi kasus hack pada salah satu situs telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia, demikian juga kasus hackterhadap salah satu situs agen perjalanan yang mengakibatkan kerugian hingga ratusan juta rupiah atau bahkan kebocoran data yang di alami oleh media sosial Facebook yang menggemparkan seluruh dunia. Dan mengakibatkan terjadi ketegangan beberapa negara yang menjadi korban kebocoran data tersebut. Ini merupakan bukti bahwa kejahatan yang terjadi di dunia maya merupakan sesuatu yang harus di waspadai dan tidak bisa dianggap remeh.

Masih ingat dengan virus internet wannacry? Virus ini mampu menginfeksi ratusan ribu komputer di seluruh dunia, sehingga data dalam komputer menjadi terkunci dan tidak dapat dibuka. Bayangkan saja jika itu terjadi menimpa diri anda, komputer yang terinveksi virus wannacrydan menghancurkan seluruh data penting yang ada di komputer anda. Tidak masalah ketika data penting yang kita miliki telah diback upsebelumnya, jika belum?

Awalnya saya tidak terlalu ambil pusing tentang penyimpanan data, cara menyimpan data yang aman dan lain sebagainya. Setelah beberapa kejadian buruk yang terjadi itu lah yang membuat saya sadar akan pentingnya back updata untuk mengamankan semua data penting yang saya punya. Banyak media yang saya gunakan untuk data penting yang berkaitan dengan pekerjaan maupun data pribadi, seperti surat elektronik, tempat penyimpanan online (google drive,dll) dan juga dalam memori eksternal seperti flashdisk.

Tidak hanya untuk memback updata saja, flashdisk biasanya saya gunakan untuk beberapa hal yang menunjang kegiatan saya sehari-hari seperti untuk menyimpan dokumen kantor, foto dan video, softwareaplikasi dan games dan lain-lain. Hampir semua data yang saya miliki berbasis digital, dan jika terdapat dalam bentuk hardware tidak jarang saya digitalisasikandengan metode scan dan sejenisnya sebagai persiapan jika suatu saat terjadi hal yang tidak terduga. Lantas mengapa harus flashdisk? Oke, saya jelasin secara singkat manfaatnya.

Pertama, penemuan flashdiskmerupakan sesuatu yang harus kita patut syukuri karena merupakan sebuah penemuan yang fantastis. Benda kecil yang mampu menyimpan ribuan bahkan ribuan bahkan jutaan data yang tidak sanggup disimpan dalam ingatan manusia, dan dapat bertahan hingga bertahun-tahun lamanya.

Kedua, penyimpanan data dalam jumlah besar menghemat banyak spaceatau tempat. Inilah alasan yang membuat flashdisk terlihat sebagai penemuan yang sangat luar biasa. Bayangkan saja jika semua data digital yang saya miliki wujudnya dalam wujud tercetak, mungkin saya akan membutuhan lemari yang besar yang ukurannya mungkin tidak sebesar ruang kamar tidur saya sebagai tempat dokumen, buku elektronik dan data lainnya. 

Mungkin saya akan membutuhkan ratusan bahkan ribuan keping kaset untuk ratusan bahkan ribuan musik, video musik, atau film kesukaan saya yang tersimpan dalam data flashdisk yang saya punya. Itulah alasan utama mengapa kita patut bersyukur atas perkembangan memory digital seperti flash disk, hard disk dan lain sebagainya yang membantu kita dalam penyimpanan data yang kita miliki.

Dan terakhir adalah dari segi biaya, pembiayaan yang kita butuhkan sangatlah sedikit. Perbandingannya sangat lah jauh dengan metode penyimpanan konvensional (tercetak).

Nah, dari uraian di atas semoga sudah semakin membuka sedikit dari paradigma kita tentang betapa penting dan betapa baiknya menjaga keselamatan data kita dengan metode back up data.

Sekarang masuk  ke dalam pembahan tentang flash disk itu sendiri. Sandisk flashdisk merupakan salah satu merek flashdisk yang tidak asing lagi bagi para aktivis teknologi digital. Merek ini juga merupakan flashdisk yang saya gunakan hingga saat ini. Banyak keunggulan yang ditawarkan oleh sikecil ajaib yang satu ini. Contoh CRUZER BLADE USB FLASH DRIVE yang saya gunakan hingga saat ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun