Kondisi yang menjadi latar belakang masalah yaitu :
Selama melaksanakan praktik pengalaman lapangan di sekolah baik di siklus 1 maupun di siklus 2, saya menemukan beberapa kasus dalam proses pembelajaran.
Permasalahan yang saya angkat pada siklus 2 dengan permasalahan sebagai berikut :
- Pertama adalah rendahnya keaktivan dan partisipasi siswa dalam belajar, hal itu ditunjukan dengan permasalahan sedikitnya siswa    yang merespon pertanyaan guru, bertanya maupun mengemukakan pendapat.
- Kedua adalah Siswa tidak tertarik dengan pembelajaran
- Ketiga Hasil ulangan menunjukkan nilai yang kurang memuaskan,dimana ada 16 dari 20 siswa kelas V belum mencapai KKM pada     pelajaran PPKN materi Jati Diri dan Lingkunganku.
Alasan praktik ini penting untuk dibagikan:
Kasus yang saya paparkan diatas penting untuk dikaji lebih lanjut karena akan berdampak pada kemampuan saya dalam melakukan evaluasi dan merencanakan tindak lanjut pembelajaran. Selain itu topik ini akan membantu saya meningkatkan kompetensi pedagogik seperti kemampuan menerapkan model dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, kompetensi manajerial yang berhubungan dengan pengelolaan kelas dan kompetensi cakap digital yang terintegrasi dengan teknologi.
Peran dan tanggung jawab sayaÂ
- Mengidentifikasi masalah-masalah pembelajaran yang mungkin terkait dengan penanganan siswa bermasalah dan berkebutuhan     khusus, membangun relasi dengan siswa, melakukan disiplin positif, pemberian feedback, metode pembelajaran, masalah      motivasi, materi HOTS (High Order Thinking Skills), literasi numerasi, miskonsepsi, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, asesmen, interaksi dengan orang tua siswa, menggunakan model-model pembelajaran inovatif, dan masalah terkait lainnya yang menjadi tugas keseharian guru berdasarkan pengalaman saat menjadi guru.
- Melakukan eksplorasi penyebab-penyebab masalah yang telah diidentifikasi sebelumnya dengan cara :
- Mencari kajian literature yang sesuai dengan jenis permasalahan yang dihadapi
- Melakukan wawancara dengan Guru/Kepala Sekolah/Pengawas Sekolah/Rekan Sejawat di Sekolah
- Wawancara dengan Pakar dan Pihak Terkait Lainnya
- Menentukan akar penyebab masalah yang paling mendekati konteks yang dihadapi guru di kelas/sekolah
- Eksplorasi alternative solusi
- Menentukan solusi
- Membuat rencana aksi berisi desain atau rancangan perangkat yang berfokus pada tiga komponen utama yaitu tujuan, bukti penilaian, dan kegiatan belajar termasuk di dalamnya asesmen formatif.
- Pelaksanaan PPL
Tantangan untuk mencapai tujuan dalam kegiatan ini:
- Perlu waktu dan ketelatenan dalam menyiapkan media pembelajaran
- Kurang efisien dalam pengelolaan waktu
- Membuat bahan ajar sesuai dengan masyarakat disekitar tempat tinggal peserta didik mengenai keberagaman setempat.
Yang Terlibat dalam kegiatan ini:
- Ibu Titik Mursidah,S.Pd (Kepala Sekolah) Memberikan izin untuk pelaksanaan praktik pembelajaran serta memberikan izin untuk menggunakan fasilitas sekolah yang dibutuhkan saat pelaksanaan praktik.
- Rekan mengajar Rasmiati,S.Pd selaku wali kelas 3 yang telah memberikan waktu untuk melaksanakan PPL siklus 1.
- Rekan mengajar Bapak Kholis Muntaha, S.Pd selaku wali kelas V yang telah memberikan waktu untuk pelaksanaan siklus 2.
- Semua rekan mengajar di SDN Banyubiru 1 yang telah memberikan dukungan moril.
- Ibu Annisa Irma Wati S.Pd yang membantu sebagai cameramen.
- Siswa kelas V yang berjumlah 20Â
- Sumber daya yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini yaitu :
- Sumber daya bahan ajar dan media pembelajaran meliputi buku teks, RPP, dan perangkat pembelajaran lainnya.
- Sumber daya teknologi meliputi laptop, jarigan internet, LCD, dan speaker
- Sarana dan prasarana meliputi ruang kelas beserta kelengkapannya.
- Sumber daya pendidik
Refleksi Hasil dan dampak
Topik materi yang diajarkan Mengenali Diri Sendiri dan Lingkunganku.Dengan tujuan peserta didik dapat lebih memahami materi dengan cara :
- pertama menyiapkan emosional anak dimulai dari kegiatan awal,peserta didik diajak membayangkan bagaimana budaya gumbrekan kerbau yang ada di masyarakat tempat tinggalnya dengan diiringi music klasik lembut.
- Kedua pada kegiatan inti peserta didik membaca materi sambil diiringi alunan music klasik ,hal ini diharapkan peserta didik akan merasa nyaman.
- Ketiga mengamati PPT dan Vidio mengenali diri sendiri dan lingkunganku.
- Peserta didik melakukan aktifitas bercermin untuk melakukan pengamatan terhadap tampilan diri sendiri,yang meliputi ciri fisik,,karakter yang dimilikinya,kelebihan serta kekurangannya dan mendiskusikan dengan kelompoknya dan dapat mengklarifikasi benar atau salah jawabannya.
- Â Inovasi yang diambil melalui model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan tujuan Peserta didik lebih aktif dalam kelompok kecil dan belajar bersosialisasi.
- Dengan adanya media ICT, PPT Vidio Keragaman budayaku dapat lebih mudah digunakan dalam proses mengajar dan memperbaiki daya ingat peserta didik.
- Penggunaan bahan ajar yang relevan dengan lingkungan peserta didik,sehingga lebih mudah untuk memberi contoh keragaman di daerah sekitarnya
Dari langkah-langkah kegiatan diatas dapat menunjukkan keberhasilan yang ditandai dengan: