Mohon tunggu...
Kompasianer METTASIK
Kompasianer METTASIK Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis itu Asyik, Berbagi Kebahagiaan dengan Cara Unik

Metta, Karuna, Mudita, Upekkha

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Puisi: Aku

16 April 2023   19:09 Diperbarui: 16 April 2023   19:07 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puisi: Aku (gambar: pexels.com, diolah pribadi)

Aku
Siapakah aku
Apakah aku
Bagaimanakah aku

Darimanakah aku
Hendak kemakah aku
Ku tak tahu
Dan ku tak pernah tahu

Mengapa aku
Untuk apa aku
Mungkinkah aku
Karena aku

Hanya beginilah aku
Apa adanya aku
Inilah benarnya aku
Mengertilah aku

ARTINYA .........................................................

Aku --- istilah diri ini
Siapakah aku --- masih mencari jati diri dalam kesejatian
Apakah aku ---- bentuk kelahiran di alam manusia
Bagaimanakah aku --- masih mengalami penderitaan

Darimanakah aku ---- kelahiran lalu yang jauh
Hendak kemakah aku ---- kelahiran yang akan datang
Ku tak tahu --- dimana aku belum mengetahui
Dan ku tak pernah tahu --- masih manusia biasa yang belum tercerahkan

Mengapa aku --- melihat ke dalam diri sebagai kuncinya
Untuk apa aku ---- merubah segala perbuatan atau karma
Mungkinkah aku ---- karena hidupku tidak bergantung siapapun
Karena aku ---- masih diliputi keserakahan, kebencian dan kebodohan

Hanya beginilah aku ---- tidak kekal dan penderitaan
Apa adanya aku --- masih berputar di dalam ikatan dunia
Inilah benar nya aku --- mengerti empat kebenaran mulia
Mengertilah aku --- berusaha berjuang di jalan mulia

**

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun