Mohon tunggu...
Kompasianer METTASIK
Kompasianer METTASIK Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis itu Asyik, Berbagi Kebahagiaan dengan Cara Unik

Metta, Karuna, Mudita, Upekkha

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Pengalaman Bermeditasi di Panti Semedi Balarejo

10 September 2022   09:55 Diperbarui: 10 September 2022   10:00 950
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pengalaman Bermeditasi di Panti Semedi Balarejo (gambar: samagghi-pala.or.id)

Di dalam Majjhima Nikaya 152, Indriyabhavana Sutta, Sang Buddha menyampaikan kepada Bhante Ananda: "Ada bawah pohon ini, gubuk kosong ini. Bermeditasilah, Ananda, jangan menunda atau engkau akan menyesalinya kelak. Ini adalah instruksi kami kepadamu."

Pada awal Tahun 2006 setelah lulus kuliah, saya mengalami kegalauan yang sering muncul dalam diri. Ketika bertemu dengan masalah pikiran menjadi panjang bercerita, muncul kekhawatiran, kecemasan, kebingungan, ketakutan pada makhluk halus, juga takut ketinggian yang disebut fobia ketinggian.

Dengan usaha dan tabungan karma baik mengkondisikan saya untuk pertama kali mendengarkan Dhamma tentang Meditasi. Pada waktu itu saya mengikuti puja bakti di Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya. Dhammadesana yang disampaikan oleh Bhante Sri Pannavaro Mahathera, masih teringat dalam sanubari saya sampai saat ini adalah "tidak perlu usaha ekstra, bermeditasilah."

Praktik meditasi mulai saya lakukan di rumah, dengan berkata dalam batin semoga semua makhluk berbahagia, dan memancarkannya di tempat saya duduk bermeditasi. Kemudian ke tempat-tempat yang ditinggali orang-orang yang saya kenal semoga mereka semua berbahagia, hanya memancarkan dan berharap semoga mereka berbahagia.

Waktu terus berjalan dan saya mulai menyadari hasil dari praktik meditasi yang telah dilakukan mengkondisikan saya untuk bertemu dengan hal-hal yang baik, dan terhindar dari hal-hal yang tidak baik. Ini adalah suatu berkah istimewa bagi saya.

Tahun 2012 karma baik saya mendukung dan berbuah tepat pada waktunya. Setelah mengikuti acara Dhammatalk Bhante Uttamo Mahathera di pintu keluar ada stand meja pendaftaran retret meditasi di Panti Semedi Balerejo, Wlingi, Blitar atau Vihara Bodhigiri tempat Bhante Uttamo bervassa.

Setiap masa vassa sekitar bulan Juli-Oktober, Vihara Bodhigiri memberi kesempatan kepada umat Buddha dan umat yang lain untuk berlatih meditasi dengan terlebih dahulu mendaftar dan memenuhi syarat dan ketentuan yang mesti ditaati.

Kemudian saya diajak untuk mendaftar retret meditasi di Panti Semedi Balerejo. Pelatihan meditasi ini kali pertama dalam hidup saya.

Tahun 2012 saya sudah bekerja dan memiliki keluarga, beberapa waktu kemudian saya dihubungi panitia untuk mengikuti pelatihan dengan ketentuan dan tanggal yang sudah ditetapkan.

Perasaan senang dan galau kemudian muncul silih berganti, karena saya belum meminta izin dari kantor dan juga yang paling penting izin dari keluarga yaitu istri, karena usia anak pertama masih 2 tahun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun