Mohon tunggu...
Kompasianer METTASIK
Kompasianer METTASIK Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis itu Asyik, Berbagi Kebahagiaan dengan Cara Unik

Metta, Karuna, Mudita, Upekkha

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Hipertiroid Mengajariku Mengikis Gelisah dan Amarah

27 Juli 2022   19:05 Diperbarui: 27 Juli 2022   19:13 795
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hipertiroid Mengajariku Mengikis Gelisah dan Amarah (gambar: orami.co.id, diolah pribadi)

Suatu hari ketika saya sedang berjalan, tiba-tiba kaki saya lemas dan kemudian terjatuh duduk di jalan. Saya bingung apa yang terjadi, tiba-tiba lutut dan kaki ini lemas sekali, tak mampu berdiri. 

Dengan bersusah payah saya bangun dan duduk di pinggir jalan. Tidak lama kemudian saya pun bisa kembali berjalan seperti biasa.

Suatu hari ketika saya sedang makan mie dengan sumpit, tiba-tiba sumpit terlepas dari tangan saya, dan tangan saya tidak mempunyai kekuatan untuk memegang sumpit itu kembali. Tangan saya gemetar kencang.

Lain cerita lagi, ketika saya sedang menulis di kelas, tiba-tiba pulpen terlepas sendirinya dari genggaman saya, tangan gemetar dan lemas tak mampu menulis lagi.

Jantung sering berdebar kencang dan mudah berkeringat. Gelisah setiap malam, bahkan sering bermimpi. Pernah suatu ketika dalam lima hari berturut-turut saya bermimpi teman-teman SD saya meninggal satu per satu. Horor terdengarnya. 

Setiap bangun tidur saya pasti ketakutan dan menangis, membayangkan kehilangan teman-teman SD saya. Itu kegelisahan yang luar biasa yang pernah saya rasakan. Padahal teman-teman SD saya saat itu baik-baik saja keadaannya.

Kejadian-kejadian itu mulai saya alami semenjak SMA.

Kemudian saya pun mulai mencari tahu apa yang terjadi pada diri saya. Apakah nama penyakit yang saya alami?

Akhirnya ketemulah nama penyakit saya itu, Hipertiroid. Ciri yang mudah dilihat adalah adanya benjolan di leher. Seperti yang dilansir oleh www.health.kompas.com, Gejala Hipertiroid dan Komplikasinya.

Pada artikel tersebut dijelaskan jika ciri-ciri hipertiroid antara lain: detak jantung cepat, sering gemetaran dan gugup, mengalami gangguan tidur, tidak tahan panas dan keringat berlebih, rambut rontok dan mudah rapuh, dsb.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun