Otomotif berbeda dan Pengguna Daihatsu, hari Kamis (11/04/2019), berkunjung ke pabrik perakitan kendaraan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di kawasan Sunter, Jakarta Utara.Mereka berasal dari 8 (Delapan) Klub pengguna Daihatsu berbeda, yaitu ZEC (Daihatsu ZEbra Club), AXIC (Avanza Xenia Indonesia Club), MAXXIO (Gran Max Luxio Club Indonesia), Sirionity, Â TERUCI (Terios Rush Club Indonesia), DTC, CAI dan juga Terios ID.
Jakarta.-Untuk mendekatkan diri ke para konsumennya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Â mengajak 65 anggota dan pengurus KlubADM memberikan kesempatan kepada pengurus dan anggota Klub Pengguna Daihatsu untuk melihat langsung proses perakitan kendaraan di Sunter Assembly Plant (SAP) yang memiliki fasilitas terpadu untuk melakukan rangkaian proses produksi kendaraan bermotor roda empat.
Rangkaian proses produksi itu meliputi Stamping, Welding, Painting, dan Assembling, semuanya dengan kualitas yang setara dengan pabrik Daihatsu di Kyushu, Jepang.
Acara bertemakan 'Club Plant Visit 2019' yang digelar Kamis 11 April 2019 ini dimulai dengan menyaksikan video company profile PT ADM dan dilanjutkan dengan video presentation mengenai produk terbaru dari Daihatsu. Kemudian disambung dengan acara plant tour, dengan rute Welding Line -Assembly line.
Di Welding line, peserta dapat melihat secara langsung proses welding/pengelasan yang telah dilakukan secara robotic pada produk Daihatsu terbaru. Sementara di Assembly Line para peserta diperbolehkan melihat dapur Daihatsu yang sedang mengerjakan proses perakitan mobil Daihatsu.Para peserta terlihat antusias mendengarkan sharing mengenai proses perakitan kendaraan dan juga fasilitas Research & Development (R&D) Center Daihatsu di Indonesia. Sebagaimana pabrik di Jepang, Daihatsu juga menerapkan konsep SSC (Simple, Slim & Compact) di SAP ini.
Melalui program ini, ADM memberi pengalaman dan edukasi khusus di bidang otomotif kepada peserta secara fun & friendly selaras dengan tagline 'Daihatsu Sahabatku'.
"Program plant visit untuk Klub Pengguna Daihatsu ini merupakan bentuk kepedulian Daihatsu kepada pelanggan setianya, khususnya anggota dan pengurus Klub Pengguna Daihatsu," ujar Indra Pinandita yang akrab dipanggil Om Ipin, People Development Dept. | Cust. Satisfaction & Value Chain (CSVC) ADM.
Â
Antusiasme peserta pun sebenarnya memang sudah terasa sejak undangan Daihatsu dilayangkan kepada ketua masing - masing club tersebut. Bahkan mereka pun malah mengharapkan dapat membawa lebih banyak anggotanya ke acara ini.
Sebab ADM hanya memberi kuota 8 undangan per-klub agar tidak mengganggu jalannya proses produksi di pabrik tersebut.
"Wah, memang luar biasa kami sangat menunggu-nunggu kegiatan seperti ini, sebenarnya kami mengharapkan kuota yang lebih banyak,"ungkap Ketua Umum ZEC Erbe Pramono yang juga seorang Dosen ilmu Sastra di perguruan tinggi Yogjakarta.
Selain mengunjungi pabrik perakitan, tak ketinggalan setiap tahun Klub Daihatsu Sahabatku diikut sertakan dalam acara Mudik Bersama. Keguyuban inilah yang menjadi kekuatan Daihatsu untuk terus dicintai para sahabatnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H