Mohon tunggu...
Grimeisha Erdiyasa
Grimeisha Erdiyasa Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

love to develop myself Always meditation and yoga🧘🏻‍♀️ Future Dentist👩🏻‍⚕️🦷

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Jurnalisme Kebangsaan: Menulis Menurutku

24 Februari 2023   22:55 Diperbarui: 24 Februari 2023   22:59 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penugasan membuat infografis kali ini merupakan sebuah pengalaman baru untuk saya. Saya dengan latar belakang sekolah sains sangat jarang melakukan penugasan sejenis ini. Pada awal pengerjaan saya sangat excited untuk memulainya. 

Saya mulai mengumpulkan wisata-wisata budaya yang ada di Sleman. Bersumber dari segala sosial media, seperti instagram,tiktok,twitter hingga website-website yang ada di internet. Sebelumnya, saya mendapat tema wisata budaya dan memilih subtema sapta pesona. Kenapa saya memilih sapta pesona? Karena sapta pesona adalah pilar dari sebuah pariwisata yang elok.

Setelah beberapa waktu mencari dan membaca, akhirnya saya memilih candi Ratu Boko. Candi Ratu Boko memiliki keistimewaannya dan keindahannya sendiri.melihat kondisis sekitar saya menyadari bahwa masih sedikit masyarakat yang mengetahui keindahannya sehingga wisata Candi Ratu Boko masih jarang dijadikan destinasi wisata. 

Dalam pembuatan infografis ini pula saya melakukan riset langsung ke teman-teman saya. Menanyakan mengenai aspek-aspek sapta pesona yang ada di Ratu Boko. 

Apakah sudah memenuhi tujuh aspek tersebut atau masih ada yang perlu diperbaiki. Dalam pengerjaannya pembelajaran Jurnalisme Kebangsaan sangat mebantu saya karena menumbuhkan rasa penasaran saya untuk mencari tahu mengenai wisata sleman serta membuat saya lebih mengetahui apasih yang harus dilakukan untuk melakukan jurnalisme dan menyusun konten.

Selain itu, pembelajaran ini menumbuhkan potensi menulis saya yang sebelumnya jarang saya gali. Sebenarnya menulis adalah salah satu cara healing saya, dengan menulis saya bisa mencurahkan isi hati dan merasa lega. Dengan adanya pembelajaran Jurnalisme Kebangsaan saya jadi tahu langkah-langkah tepat dan dapat mengembangkan potensi saya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun