Penilaian di TK merupakan usaha mendapatkan berbagai informasi secara berkala, berkesinambungan serta menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan daan perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik melalui kegiatan belajar. Penilaian ini juga merupakan upaya untuk mendapatkan informasi atau data secara menyeluruh yang menyangkut semua aspek kepribadian anak terhadap proses dan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai melalui proses pembelajaran, meliputi perkembangan fisik motorik, sosial, emosi, kognitif, moral, dan nilai-nilai agama, serta seni.
Tujuan Evaluasi :
1. Mengetahui apakah materi yang di pelajari dapat dilanjutkan dengan bahan yang baru/diulangi
2. Untuk mengetahui taraf efisiensi metode yang di gunakan oleh pendidik
3. Untuk mengetahui efektifitas proses pembelajaran yang dilaksanakan
4. Untuk mengetahui apakah komponen-komponen dalam proses pembelajaran sudah memberikan kontribusi positif bagi proses pembelajaran.
5. Untuk mengetahui kesesuaian presepsi dan pemikiran peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran.
6. Mengetahui sejauh mana perkembangan dari pelaksanaan pembelajaran
7. Mengetahui perubahan pengetahuan, sikap dan keterampilan apa yang terjadi pada peserta belajar
8. Mengetahui sejauh mana ketercapaian tujuan
9. Mengetahui dampak apa yang terjadi dari proses pembelajaran.
10. Bahan pertimbangan untuk menentuakan proses selanjutnya agar lebih efektif dan
11. Mengajak kepada semua pihak untuk lebih bertanggungjawab terhadap apa yang telah dilakukannya.
12. Menemukan pada bagian-bagian mana dari proses pembelajaran yang dianggap belum berhasil
13. Mengungkapkan kerugian dan manfaat dari proses pembelajaran
14. Mengungkapkan faKtor-faktor pendukung dan penghambat dari proses pembelajaran
15. Menentukan apakah pendekatan dan teknik yang digunakan dalam pembelajaran sudah tepat
16. Menentukan tepat atau tidaknya media yang digunakan sesuai dengan kebutuhan belajar peserta belajar
17. Menentukan apakah fasilitator memberikan kemudahan peserta belajar memahami materi kegiatan pelatihan, pembelajaran.
18. Menentukan tingkat kemajuan pelaksanaan pembelajaran
Fungsi Evaluasi :
1. Memberikan umpan balik kepada guru untuk memperbaiki kegiatan belajar mengajar.
2. Memberikan informasi kepada orangtua tentang ketercapaian pertumbuhan dan perkembangan anaknya untuk dapat memperbaiki dan meningkatkan bimbingan serta motovasi.
3. Sebagai bahan pertibangan guru untuk menempatkan anak dalam kegiatan yang sesuai dengan minat dan kemampuan anak didik yang memingkunkan anak didik mencapai kemampuan secara optimal.
4. Sebagai bahan masukan bagi pihak lain yang memerlukan dalam memberikan pembinaan selajutnya.
Prinsip Evaluasi :
1. Berpusat anak.
2. Berkesinambunga
3. Menyeluruh atau keterpaduan.
4. Lebih mementingkan dari pada hasil
5. Berorinetasi pada tujuan.
6. Objektif dan alamiah.
7. Mendidik
Jenis Evaluasi :
1. Lembar pengamatan terstruktur atau daftar periksa pengamatan guru
2. Catatan anekdot
3. Catatan harian/narasi
4. Lembar pemeriksaan kesehatan harian
5. Lembar catatan dan prekuensi waktu.
6. Portolpolio
7. Lembar wawncara dan percakanpan.
LEMBAR PENGAMATAN TERSTRUKTUR
Nama Anak :
Kelompok :
Minggu Ke :
Hari Tanggal Aspek Kategori
S K Tp Keterangan
Sosial emosional
a. Melamun
b. Menangis
c. Mengangu teman
d. Berterima kasih
√
√
√ √
Catatan :
S : Sering
K : Kadang Kadang
Tp : Tidak Puas
CATATAN ANEKDOT
Nama anak :
Umur :
Jenis kelamin :
Umur anak :
Hari / tanggal Catatan komentar
Mengetahui Kepala TK Mengamat Guru/Kelompok Pengamat
( ) ( ) ( )
CATATAN HARIAN
Kelompok :
Pengamat / guru :
Hari/tanggal catatan
PEMERIKSAAN KONDISI KESEHATAN
Hari / tanggal :
Pengamat :
No Nama anak KONIDIS kesehatan Keterangan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H