Mohon tunggu...
Grescia Andriana
Grescia Andriana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

merajut, menonton film, bermain game

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Geladi Hominisasi

22 Oktober 2022   13:51 Diperbarui: 22 Oktober 2022   13:56 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Grescia Andriana - 6132201042 

Sebelum Geladi Hominisasi dimulai, saya diberikan tugas pra geladi yang isinya adalah video tentang lagu Indonesia Raya 3 stanza. Dari video itu saya diminta untuk memilih kutipan yang menurut saya menarik dan menjelaskannya mengapa kutipan dalam lagu itu menarik menurut saya. Sejujurnya saya baru tahu kalau ada lagu Indonesia Raya 3 stanza, sebelumnya saya hanya mengetahui lagu Indonesia Raya 1 stanza saja. Selain itu diberikan juga beberapa macam video dokumenter, dari beberapa video dokumenter itu saya ditugaskan untuk memilih salah satu dari video itu. 

Saya memilih video dokumenter yang berjudul "Semua, Kita Punya". Dari video tersebut saya mulai menyadari bahwa masyarakat Indonesia tidak bangga dengan budaya Indonesia. Kebanyakan dari mereka lebih memilih produk dari luar negeri ketimbang produk Indonesia sendiri. Seperti contohnya masyarakat Indonesia lebih suka makanan makanan khas dari negara lain ketimbang makanan khas Indonesia. Bisa jadi lama kelamaan makanan khas Indonesia ini akan terlupakan jika tidak ada yang memperbaikinya.

Dalam acara Geladi Hominisasi pada Sabtu, 22 Oktober 2022 acara dimulai pada pukul 8.00 dan berakhir pada pukul 13.00. Pertama tama acara diawali dengan doa pembuka, lalu berdiri untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Unpar. Setelah itu para mengurus memperkenalkan diri masing-masing dan setelah itu ada games tentang seberapa tahu kita tentang Indonesia. 

Lalu kita masuk ke dalam breakout room kelompok masing masing untuk berdiskusi mempersiapkan presentasi. Kelompok saya mendapatkan tema narablog nasional, kami mempresentasikan tema ini dengan cara podcast. Dari diskusi kelompok ini saya mengenal orang orang baru dari jurusan lain. Saya belajar berkomunikasi dengan orang yang baru saya kenal, belajar mengatur waktu, dan belajar lebih percaya diri untuk berbicara didepan banyak orang. Setelah selesai presentasi kita mendapatkan komentar lalu diminta untuk memilih siapa pemenang dari presentasi tersebut. Acara Geladi Hominisasi ini diakhiri dengan menyanyikan lagu Mars Unpar dan presensi.

Menurut saya, perlu kemampuan menggunakan logika dan Bahasa sebagai warga negara karena jika opini yang disampaikan dengan logika dan Bahasa yang salah maka akan menimbulkan kesalahpahaman. Mungkin saja yang dibicarakan sudah benar tetapi jika penyampaiannya salah maka akan menimbulkan pemahaman yang berbeda pula. 

Manfaat yang saya dapatkan setelah mengikuti geladi Hominisasi adalah belajar untuk bekerjasama, berkomunikasi, percaya diri di depan banyak orang, dan belajar bersosialisasi dengan orang baru. Kemampuan yang saya pelajari dalam geladi Hominisasi yang akan saya terapkan dalam perjalanan kuliah yaitu saya akan lebih banyak berinteraksi dengan orang yang baru dikenal maupun orang yang sudah dikenal, menggunakan logika dan Bahasa yang bener dalam menyampaikan opini agar tidak terjadi kesalahpahaman, dan bisa mengatur waktu.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun