EMC Corporate Finance mencatat bahwa orang sering bingung antara penjualan dan pemasaran. Banyak orang menggunakan istilah "marketing" dan "sales" secara bergantian, namun sebenarnya keduanya merupakan bagian berbeda dari perjalanan pelanggan. Meskipun keduanya bertujuan mendatangkan sebuah peluang bisnis, keduanya mencapainya melalui pendekatan yang sangat berbeda.
Mari kita telusuri mengapa kebingungan ini terjadi dan apa yang benar-benar perlu kita ketahui tentang kedua fungsi penting ini dalam sebuah bisnis.
Adanya tumpang tindih tujuan dalam hal ini menjadi penyebab utama seringkali salah kaprah keduanya. Medium.com mencatat orang dapat kabur dalam memahami karena keduanya membantu menghasilkan penjualan, dan keduanya berinteraksi dengan pelanggan.
Memang baik pemasaran dan penjualan pada akhirnya bertujuan untuk pendapatan dan pertumbuhan pelanggan. Meskipun begitu, hal ini dapat mengaburkan batasan, terutama bagi mereka yang tidak terbiasa dengan gambaran yang lebih besar.
Secara tradisional, penjualan (selling) lebih berfokus pada konversi prospek, sementara pemasaran (marketing) menghasilkan prospek. Namun saat ini, pemasaran (marketing) secara holistik memupuk prospek di sepanjang perjalanan pembelian, sehingga membuat perbedaannya dapat menjadi kurang jelas.
Selain itu, pengetahuan akan konsep dari marketing yang terbatas sendiri dapat menimbulkan kebingungan. Orang-orang mungkin akan melihat semua itu sebagai upaya untuk mempromosikan suatu produk atau layanan – mulai dari slogan yang menarik hingga kampanye media sosial – hanya sebagai “penjualan”, meskipun tujuan sebenarnya adalah kesadaran brand atau membangun kepercayaan. Di sinilah perbedaan utamanya.
Pada dasarnya, marketing adalah strategi yang lebih luas dalam sebuah bisnis. Ia mencakup segala hal mulai dari memahami kebutuhan pelanggan dan mengembangkan produk hingga menciptakan kesadaran brand, menghasilkan prospek, dan membina loyalitas pelanggan.
Sales, di sisi lain, adalah tindakan spesifik dalam berinteraksi dengan calon pelanggan, membimbing mereka melalui proses pembelian, dan mencapai kesepakatan.