Saat ini, pembeli semakin bebas memilih lokasi atau sumber untuk mendapatkan barang dan jasa yang diperlukannya.Â
Bisa memesan melalui aplikasi saja dengan membayar sejumlah nominal uang sesuai harga, lalu menunggu barang tiba di alamat pembeli.
Bahkan boleh pesan terlebih dahulu, bayarnya belakangan setelah barangnya tiba dengan memanfaatkan model pembayaran cash on delivery (COD).
Meskipun sudah dapat memesan produk via online,  belanja dengam cara offline berupa interaksi langsung masih dapat dilakukan pasar. Mulai dari pasar tradisional hingga super market.Â
Alasan pemilihan tempat belanja
Beragam alasan ketika orang memutuskan untuk membeli barang di tempat dan dengan cara tertentu. Diantaranya karena alasan berikut.
1. Gaya hidup
Gaya hidup seseorang menentukan pilihannya dalam hal berbelanja. Gaya hidup berbelanja adalah cara seseorang  mengalokasikan waktu dan uang yangia punya untuk melakukan kegiatan berbelanja.Â
Gaya hidup berbelanja seseorang seringkali ditentukan oleh beberapa faktor. Â Diantaranya berupa sikap terhadap merek, pengaruh iklan dan kepribadian seseorang.
2. Ketersediaan dan kelengkapan produk
Ketersediaan dan kelengkapan produk menjadi pilihan seseorang untuk menentukan dimana ia akan berbelanja.Â
3. Harga barang
Kecenderungan pembeli adalah harga produk yang relatif lebih murah namun kualitasnya baik.
Meskipun dalam dunia nyata, barang yang berkualitas cenderung memiliki harga yang mahal.