media yang mencoba menyajikan berbagai informasi. Berlomba-lomba menyajikan berita terbaru dengan maksud untuk mampu menyedot perhatian para penikmat informasi.Â
Saat ini begitu banyakSesama media online saling bersaing untuk memberitakan sesuatu dengan caranya sendiri. Mulai dari mengemas judul, memuat foto atau potongan video pendek yang menarik, hingga konten berita yang bervariatif.
Bahkan sering terasa, isi berita atau konten tak relevan dengan judul. Tetapi tak perlu diperdebatkan. Pada akhirnya, pembaca atau pemirsalah yang harus memilih dan memilah, mana yang cocok baginya.Â
Terserah pada yang bersangkutan. Apakah sekedar membaca berita gosip tentang si anu dan si ana yang lagi proses cerai. Ataukah lebih tertarik  tentang si meong yang lagi pedekate sama si empus.Â
Lalu bagaimana pula dengan persaingan para pembuat konten, penyaji berita dan sajian lain yang butuh kerja cepat dan diakses banyak orang? Kan semakin diakses, iklan pun semakin nempel.Â
Dan selanjutnya, cuan mengalir ke dalam kantong si pembuat konten. Sumringah jadinya kala mengetahui banyak cuan di dalam rekening aplikasi miliknya.Â
"Tidak semudah itu, Ferguso", Â kata anakku menirukan frasa yang pernah viral. Ungkapan yang muncul dalam percakapan di dalam telenovela Marimar asal Mexico itu.Â
What ever-lah. Lebih penting para pembuat konten atau tulisan dalam suatu media tak menganggap media lain lebih rendah dari yang dikelolanya.Â
Setiap media, punya segmen tertentu yang ingin dibidiknya. Kalau tujuannya sama, untuk menggaet para pemasang iklan di media Anda maka buatlah sesuai persyaratan sehingga pengiklan pun tertarik. Lalu nebeng iklan.
Tak semestinya menjelekkan media lain. Atau berlebihan memuji diri. Bahwa diri sendiri itu yang paling berkualitas. Ingatlah pepatah jadul, Di atas langit masih ada langit.Â
Lebih baik, menata diri secara baik-baik dan tampil dengan rendah hati tetapi nampak elegan. Tentunya, gaya dan ciri khas diperlukan.Â