· Setelah pelajaran ini, diharapkan siswa mampu mengurutkan bilangan tiga angka mulai dari yang terkecil hingga terbesar atau sebaliknya dengan membandingkan angka yang bernilai tempat ratusan/puluhan/satuan.
MEDIA
Kartu bertuliskan bilangan tiga angka sesuai jumlah siswa. Kartu tersebut dibagi menjadi kelompok-kelompok sesuai dengan kelompok siswa. Misalnya, jika kelas berjumlah 25 siswa akan dibagi menjadi lima kelompok, maka:
Kartu kelompok 1: angka 325-329
Kartu kelompok 2: 455-459
dst.
Download kartu angka di sini
PEMBUKA
· Bagi siswa menjadi lima kelompok atau sesuai jumlah siswa di kelas.
· Jelaskan pada siswa bahwa mereka akan melakukan permainan mencari harta karun. Untuk mendapatkan harta, setiap kelompok harus mendapatkan lima kartu berurutan. Kartu-kartu tersebut ditempatkan secara acak di area sekolah. Kelompok yang tercepat akan mendapatkan hadiah tambahan.
KEGIATAN INTI
· Setiap kelompok diberikan satu kartu bilangan sebagai kartu start.
· Saat diberi tanda mulai, setiap kelompok berlomba mencari lima kartu yang merupakan lanjutan dari kartu start. Pada pos terakhir terdapat ‘harta karun’ yang sudah disiapkan guru.
· Kelompok yang tercepat kembali ke kelas dengan membawa kartu yang tepat menjadi pemenang.
· Di kelas dibahas mengenai cara menentukan urutan bilangan.
PENUTUP
· Guru memberikan beberapa soal untuk dijawab langsung untuk mengecek pemahaman siswa.
Notes:Â
1. Setelah kegiatan tersebut, pada pertemuan berikutnya guru membahas kembali mengenai urutan bilangan dan memberikan soal latihan untuk memantapkan pemahaman konsep siswa.
2. Jika tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan di luar, lakukan kegiatan di dalam kelas seperti ini:
· Kocok kartu, kemudian bagikan. Satu siswa, satu kartu.
· Minta siswa untuk mencari teman sekelompok. Caranya, dengan mencari lima kartu yang berurutan. Berikan batas waktu, misalnya satu menit.
· Setelah siswa duduk berkelompok sesuai kartu, minta mereka untuk mengurutkan kartu-kartu tersebut. Cek urutan kartu setiap kelompok. Jika salah, jelaskan kembali cara mengurutkan angka hingga mereka bisa memperbaiki urutannya.
· Ambil lagi kartu dari setiap siswa, kocok, dan bagikan. Ulangi lagi permainan beberapa kali.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H