Setiap kita melakukan penyusunan sebuah penelitian atau suatu karya ilmiah, baik itu berupa buku, skripsi, tesis, atau karya ilmiah lainnya, diperlukan susunan mengenai urutan dari setiap judul bab serta subbab yang ditulis pada karya ilmiah yang sudah dibuat.
Susunan urutan pada tiap bab ini ditujukan untuk mempermudah para pembaca dalam memandu pembahasan yang ingin dibaca. Nah, urutan pada bab dan subbab ini disebut dengan daftar isi.Â
Daftar isi adalah lembar halaman yang menjadi suatu petunjuk bagi isi buku. Di dalamnya berisikan nomor halaman dan juga judul dari pembahasan dalam buku atau karya ilmiah tersebut.
Sehingga, daftar isi menjadi salah satu komponen yang penting dalam penulisan karya ilmiah. Meskipun gampang dalam membuatnya, tapi masih ada juga yang masih kebingungan dalam cara membuat daftar isi.Â
Kamu bisa membuat daftar isi secara manual maupun otomatis melalui Ms. Word. Berikut cara membuat daftar isi secara manual yang bisa kamu lakukan.
Kegunaan Daftar Isi
Mengapa penulisan daftar isi ini menjadi penting untuk dibuat? Daftar isi sangat penting untuk dilampirkan dalam suatu karya ilmiah karena berfungsi untuk memudahkan pembaca maupun penulis.
Dengan adanya daftar isi, maka mampu memberikan gambaran kepada para pembaca tentang pokok pembahasan yang ada di dalam karya tulis tersebut.Â
Adanya daftar isi ini, membuat pembaca tidak perlu untuk membuka halaman satu demi satu untuk bisa menemukan bagian yang ingin mereka baca.
Bagi penulis sendiri, adanya daftar isi ini bisa membantu untuk melihat Kembali informasi apa saja yang ada pada halaman yang sudah ditulis.Â
Jika tidak ada daftar isi, maka penulis sendiri nantinya akan merasa kesulitan dalam mencari informasi terkait dengan jumlah halaman yang banyak dan melihat urutan pada setiap judul bab.